Mutasi N439K Disebut Menurunkan Efikasi Vaksin, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 14/03/2021, 09:04 WIB
Ilustrasi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Peneliti kembali buktikan efek virus corona pada otak yang dapat menyebabkan efek kognitif, kabut otak hingga kelelahan.(SHUTTERSTOCK/creativeneko) KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Peneliti kembali buktikan efek virus corona pada otak yang dapat menyebabkan efek kognitif, kabut otak hingga kelelahan.(SHUTTERSTOCK/creativeneko)

KOMPAS.com - Mutasi virus corona N439K yang sudah terdeteksi di 30 negara, disebut  lebih "pintar" dari mutasi virus corona sebelumnya.

Epidemiolog Indonesia di Griffith Univeristy Australia, Dicky Budiman, mengatakan, mutasi virus ini merupakan mutasi dari varian virus corona yang terdeteksi pertama kali Inggris.

Ia mengingatkan, kemunculan mutasi N439K merugikan dan berbahaya.

Salah satu kemampuan N439K yang patut diwaspadai adalah mutasi ini dapat menurunkan efikasi vaksin Covid-19.

Efikasi atau kemanjuran adalah kemampuan suatu vaksin dalam mencegah penyakit dalam keadaan ideal dan terkontrol, dengan membandingkan kelompok yang divaksin dengan kelompok tidak divaksin/placebo.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini masih melangsungkan vaksinasi yang menyasar ke 30 juta penerima vaksin.

Baca juga: Mengenal Apa Itu N439K, Varian Baru Virus Corona yang Disebut Kebal terhadap Vaksin

Apa dampaknya jika N439K menurunkan efikasi vaksin?

Dicky menjelaskan, dengan kemampuan mutasi N439K menurunkan efikasi vaksin, varian ini bisa menyiasati atau menghindari antibodi.

"Menurunkan efikasi berarti bisa jadi tidak efektif vaksinnya, bisa jadi harus dimodifikasi vaksinnya, diganti vaksinnya atau messenger RNA," ujar Dicky saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Ia mengatakan, untuk memodifikasi vaksin yang berbasis m-RNA dibutuhkan waktu sekitar 6 minggu.

Sementara itu, untuk vaksin dengan basis selain m-RNA, membutuhkan waktu lebih lama lagi, bahkan harus dibuat ulang untuk mampu memerangi mutasi N439K.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X