Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba di Inggris, Vaksin Novavax Efektif 96 Persen Lawan Virus Corona

Kompas.com - 12/03/2021, 14:27 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Novavac Inc menyatakan, hasil uji coba tahap akhir yang dilakukan di Inggris menunjukkan, vaksin Covid-19 Novavax efektif 96 persen mencegah infeksi versi asli virus corona.

Dilansir dari Reuters, Jumat (12/3/2021), hasil ini membuat persetujuan regulasi untuk vaksin Novavax ini menjadi lebih dekat.

Novavax menyebutkan, tidak ada kasus penyakit parah atau kematian para relawan yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dalam uji coba tersebut.

Relawan yang ikut serta dalam uji coba di Inggris tersebut mencapai lebih dari 15.000 orang, berusia 18-84 tahun.

Selain diklaim efektif terhadap versi asli Covid-19, vaksin Novavax 86 persen efektif mengatasi varian baru virus corona yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

Dari data gabungan orang yang terinfeksi kedua versi virus corona mengungkap, vaksin Novavax ini secara keseluruhan 90 persen efektif.

Baca juga: Mengenal Vaksin AstraZeneca, dari Diproduksi Inggris hingga Efek Sampingnya...

Sementara itu, dalam uji coba yang skalanya lebih kecil di Afrika Selatan, efikasi vaksin Novavax ini hanya mencapai 55 persen.

Akan tetapi, angka tersebut masih memenuhi syarat untuk mencegah penyebaran penyakit dan kematian akibat Covid-19.

Efektivitas Novavax dalam uji coba di Afrika Selatan ini menurun menjadi sekitar 49 persen saat hasil analisis menyertakan data dari relawan yang terpapar Covid-19 dan dinyatakan positif HIV.

Dengan data efikasi ini, vaksin Novavax akan mengajukan otorisasi izin penggunaan darurat di berbagai negara.

Meski demikian, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama jika regulator meminta data uji coba yang sedang berlangsung di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Profil Vaksin Novavax yang Diklaim Efektif 89,3 Persen Cegah Covid-19

Data hasil uji coba terhadap 30.000 orang di AS diharapkan akan tersedia pada awal April mendatang.

Vaksin tersebut dapat disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat paling cepat pada Mei 2021 jika regulator AS memutuskan data dari Inggris cukup untuk membuat keputusan.

"Pada akhirnya, mereka harus memutuskan apakah data yang dapat kami bawa sudah memadai atau apakah mereka memilih menunggu data dari studi kami di Amerika Serikat," kata Kepala Petugas Medis Novavax Filip Dubovsky.

Sementara itu, CEO Stanley Erck mengatakan, pihaknya berharap bisa memproduksi puluhan juta dosis vaksin ketika menerima otorisasi.

Selain itu, Novavax berencana untuk memproduksi vaksin di delapan lokasi manufaktur, termasuk di Serum Institute of India.

Baca juga: 4 Klaim Keunggulan Vaksin AstraZeneca yang Baru Tiba di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com