Kompas.com - 09/03/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi gelas kayu Pixabay/ZaishereIlustrasi gelas kayu

KOMPAS.com - Gelas kayu makin banyak diminati. Gelas kayu bersaing ketat dengan gelas yang terbuat dari kaca, keramik, atau plastik.

Gelas kayu sebenarnya sudah digunakan sejak dulu kala. Di Eropa, gelas kayu biasa digunakan untuk tempat minuman bir.

Dalam ukuran besar, gelas kayu dianggap aman digenggam oleh para penyuka bir. Ketika jatuh, gelas ini tak akan rusak atau pecah.

Selain itu, ada anggapan bahwa gelas kayu bisa membuat citarasa bir menjadi jauh lebih enak.

Gelas kayu di Indonesia tentu saja tidak diperuntukkan untuk wadah minuman beralkohol tersebut. Gelas kayu di sini didesain dalam bentuk mug dan cangkir, sebagai tempat minum teh, kopi atau malah wedang jahe.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Kopi dan Teh yang Membandel di Gelas

Selain itu, ada pula gelas kayu yang dinamakan kuksa, yaitu gelas kayu asal Skandinavia. Kuksa ini masuk ranah bushcraft, yaitu keahlian bertahan hidup di alam bebas layaknya kaum Viking.

Kuksa yang akhirnya dekat dengan para penyuka petualangan alam bebas ini berbentuk unik. Berupa mug bergagang, yang terbuat dari kayu utuh tanpa sambungan.

Umumnya, kuksa menggunakan kayu jati yang memiliki serat kayu bergaris tajam dan unik. Satu buah kuksa, dibuat dari satu gelondong kayu berdiamater besar yang kemudian dibentuk menjadi cangkir bergagang.

Selain aman karena terbuat dari bahan alami, gelas dan cangkir kayu makin dicari lantaran memiliki banyak keunggulan lain. Yang pertama, gelas kayu memiliki penampilan yang eksotis, menunjang sisi dekoratif dari penyajian makanan. 

Kedua, gelas kayu juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jika terbuat dari jenis kayu tertentu.
Seperti kayu kokka yang dipercaya bisa mengobati peradangan dan meningkatkan imunitas, seperti yang dilansir dalam BP-Guide.

Baca juga: Cara Inovatif untuk Menggunakan Kembali Gelas Plastik Bekas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X