CDC: Warga AS yang Telah Divaksin Penuh Bisa Berkumpul Tanpa Masker, Ini Syaratnya

Kompas.com - 09/03/2021, 11:15 WIB
Warga AS berjalan di Times Square, New York, Maret 2020. Shutterstock/Adam McCulloughWarga AS berjalan di Times Square, New York, Maret 2020.

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan bagi seseorang yang telah mendapat vaksinasi Covid-19 secara penuh.

Disebutkan, seseorang yang telah divaksinasi penuh dapat mengunjungi sesama orang-orang yang telah divaksinasi tanpa diharuskan memakai masker.

Selain itu, bisa juga berkumpul dengan sekelompok kecil orang yang tidak divaksinasi dalam beberapa keadaan tertentu. Seperti tidak memiliki kondisi medis mendasar yang membuat mereka berisiko tinggi terkena Covid-19.

Baca juga: Kombinasi Masker Ganda Rekomendasi CDC, Mengurangi Resiko Penularan

Memakai masker dan jaga jarak

Meskipun demikian, seseorang yang telah divaksin harus tetap melakukan tindakan pencegahan keamanan penting yang diperlukan.

Di antaranya harus terus memakai masker saat berada di tempat umum, menghindari keramaian dan mengambil tindakan pencegahan saat berkumpul dengan orang yang tidak divaksinasi dan berisiko tinggi terkena penyakit serius akibat Covid-19.

Dijelaskan, seseorang disebut mendapat vaksinasi secara penuh ketika telah menerima dua  dosis vaksin sesuai aturan dan telah melewati masa dua minggu pasca pemberian dosis terakhir.

Di Amerika Serikat, mereka menggunakan vaksin Pfizer atau Moderna. Sementara vaksin Johnson & Johnson hanya diberikan satu dosis. 

Detil panduan disampaikan dalam rilis resmi yang dikeluarkan pada Senin (8/3/2021) dan dapat dilihat lama CDC.

Baca juga: CDC: Setelah Divaksinasi Penuh, Orang yang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 Tak Perlu Karantina

Panduan awal

Kebijakan yang dikeluarkan CDC ini sekaligus menjadi panduan awal bagi warga AS yang ingin kembali memulai kegiatan normal seperti sedia kala, meski status pandemi masih belum dicabut.

"Kami tahu orang-orang ingin mendapatkan vaksinasi sehingga dapat kembali melakukan hal-hal yang mereka sukai dengan orang yang mereka cintai,” kata Direktur CDC, Rochelle P. Walensky.

Baca juga: Update Corona Dunia 13 Februari: CDC AS Keluarkan 5 Rekomendasi Sekolah Tatap Muka

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X