Kompas.com - 09/03/2021, 07:27 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi statin dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat Covid-19 yang parah.

Melansir Medical News Today, Sabtu (6/3/2021), dalam penelitian disebutkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi statin sebelum mengembangkan Covid-19, 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal di rumah sakit dibandingkan orang yang tidak.

Statin biasanya digunakan untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Baca juga: AS Berlakukan Aturan Baru Penggunaan Statin

Efek Statin

Tetapi statin juga dapat memiliki efek anti-inflamasi, anti-pembekuan darah, dan antivirus yang kuat. Hal-hal tersebut dapat membantu membatasi komplikasi yang terkait dengan Covid-19 yang parah.

Itulah mengapa para peneliti mencoba mencari tahu apakah penggunaan statin berdampak pada hasil Covid-19.

Penelitian dilakukan oleh dokter di Columbia University, Vagelos College of Physicians and Surgeons dan NewYork-Presbyterian. Penelitian tersebut dipublikasikan di Jurnal Nature Communications.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam penelitian tersebut, para peneliti membandingkan hasil antara pasien yang menggunakan statin sebelum dirawat di rumah sakit dan mereka yang tidak.

"Studi kami adalah salah satu studi besar yang mengonfirmasi hipotesis ini dan datanya meletakkan dasar untuk uji klinis acak di masa mendatang yang diperlukan untuk memastikan manfaat statin dalam Covid-19," kata salah satu penulis utama studi tersebut, Dr Aakriti Gupta, MD, seorang ahli jantung di NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center.

Jika uji klinis yang berhasil memvalidasi temuan para peneliti, statin dapat menjadi pilihan pengobatan yang berbiaya rendah, mudah diakses, dan relatif aman untuk Covid-19.

Saat ini BPOM Amerika (FDA) baru menyetujui satu obat untuk mengobati Covid-19, yaitu remdesivir (Veklury).

Baca juga: Data Uji Obat Covid-19 Oral Farmasi Jerman Beri Hasil Menjanjikan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.