Kompas.com - 07/03/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi hoaks KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, beredar informasi tentang klaim adanya orang Indonesia yang menjadi imam di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi mulai tahun ini.

Orang tersebut dinarasikan bernama Ashal Yanti Bin Juhri Bakri Al-Banjari.

Ashal dikatakan akan menjadi imam shalat Subuh dan Tarawih.

Dari konfirmasi dan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Setelah ditelusuri, ada sejumlah akun Facebook yang menyebarkan informasi tersebut.

Di antaranya, yakni akun Facebook Taubat Nasuha dan Yasmin Najwa.

Berikut narasinya:

"Alhamdulillah orang Indonesia asal Banjar kalimantan. Nama ashal yanti bin juhri bakri al Banjari. Umur 21th.terpilih menjadi imam sholat subuh di masjidil harom dan imam tarowih."

Tangkapan layar unggahan yang menyebut orang Indonesia lolos menjadi imam di Masjidil Haram.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan yang menyebut orang Indonesia lolos menjadi imam di Masjidil Haram.

Konfirmasi Kompas.com

Tekait beredarnya informasi tersebut, Tim Cek Fakta Kompas.com menghubungi salah seorang staff di KBRI Riyadh, Arab Saudi, Muhamad Sahrul Murajjab.

Murajjab memastikan, informasi yang menyebut ada orang Indonesia yang menjadi imam di Masjidil Haram mulai tahun ini adalah tidak benar.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X