Cara Buat dan Aktivasi EFIN Secara Online untuk Lapor SPT

Kompas.com - 07/03/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi pelaporan pajak. SHUTTERSTOCK/VECTOR HOTIlustrasi pelaporan pajak.

KOMPAS.com - Batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak 2020 untuk wajib pajak orang pribadi adalah 31 Maret 2021.

Para wajib pajak pun diimbau untuk segera melaporkan SPT tahunan ini sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan.

Pelaporan SPT dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Mulai langsung datang Kantor Pelayanan Pajak (KPP) maupun secara online melalui e-Filing.

Syaratnya untuk melaporkan SPT secara online wajib pajak harus memiliki kode Electronic Filing Identification Number (EFIN).

Lalu, bagaimana cara mendapatkan dan melakukan aktivasi EFIN tanpa harus datang ke kantor pajak? Simak panduannya berikut ini:

Baca juga: 6 Jenis Harta yang Wajib Dimasukkan SPT Tahunan

Cara aktivasi

Melansir situs resmi Direktorat Jenderal Pajak Pajak.go.id, EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan Ditjen Pajak.

Transaksi tersebut bisa berupa pelaporan SPT melalui e-Filling maupun pembuatan kode billing pembayaran pajak.

Mulai 2020 lalu, aktivasi EFIN bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor pajak. Berikut cara aktivasinya:

1. Wajib pajak menyampaikan permohonan aktivasi EFIN melalui email pajak resmi KKP.

2. Satu email wajib pajak hanya untuk satu permohonan layanan aktivasi EFIN.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X