Kompas.com - 07/03/2021, 13:15 WIB
Ilustrasi pesawat dari maskapai penerbangan Batik Air landing di Bandara Soekarno-Hatta, (1/3/2020). SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASAIlustrasi pesawat dari maskapai penerbangan Batik Air landing di Bandara Soekarno-Hatta, (1/3/2020).

KOMPAS.com - Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6803 dari Jambi tujuan Jakarta mendarat darurat di Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi, Sabtu (6/3/2021).

Pesawat tersebut dijadwalkan berangkat pukul 13.00 WIB dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 14.00 WIB.

Namun, setelah lepas landas dan terbang sekitar 20 menit, pesawat kembali ke bandar udara keberangkatan atau Return to Base (RTB).

Pilot melihat salah satu indikator menyala di ruang kok pit, dan indikator tersebut memberitahukan atau menunjukkan kemungkinan ada kendala teknis.

Batik Air penerbangan ID-6803 pun dapat mendarat dan pesawat udara berhenti pada poisisi berada di landas pacu atau runway.

Bagaimana penjelasan dari pihak Batik Air mengenai kejadian tersebut? Simak berikut ini:

Baca juga: Cuaca Buruk, Pesawat Batik Air Jakarta-Semarang Terpaksa Mendarat di Solo

Konfirmasi Batik Air

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat Batik Air ID-6803 mempunyai rute Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi (DJB) ke Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) pada Sabtu (6/3/2021).

Menurutnya, pesawat telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan pedoman protokol kesehatan.

"Batik Air penerbangan ID-6803 dipersiapkan secara baik. Jadwal keberangkatan pukul 13.00 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 14.10 WIB," kata Danang melalui keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Ia menambahkan, sebelum dioperasikan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUT telah menjalani pemeriksaan lebih awal saat sebelum diterbangkan dan dinyatakan laik terbang dan beroperasi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X