Ilmuwan yang Temukan Mekanisme dan Obat Migrain Dapat Penghargaan "The Brain Prize"

Kompas.com - 06/03/2021, 19:50 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Empat ilmuwan dari Denmark, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat memenangkan The Brain Prize, penghargaan terbesar atas riset otak, pada Kamis (4/3/2021).

Penghargaan ini didukung Yayasan Lundbeck di Denmark.

Atas jasanya menemukan mekanisme kunci yang menyebabkan migrain, mereka mendapat dana sebasar 1,1 juta poundsterling.

Penemuan mereka dapat membuka bagi perawatan dan pencegahan baru dalam menangani migrain.

Migrain adalah rasa sakit pada kepala yang disertai rasa nyeri berdenyut pada satu sisi saja dan timbul dalam bentuk serangan.

Pemberian penghargaan

Yayasan Lundbeck di Denmark mengumumkan bahwa peneliti Peter Goadsby, Michael Moskowitz dari AS, Lars Edvinsson dari Swedia, dan Jes Olesen dari Denmark telah memenangkan penghargaan.

Salah satu pemenang, seorang profesor neurologi di King's College London, Peter Goadsby, merasa senang atas penghargaan tersebut.

"Saya senang bahwa penelitian migrain mendapatkan penghargaan ini dan bahwa migrain, masalah penonaktifan yang merupakan gangguan otak, sedang diakui dengan cara yang tepat," kata Peter sebelum pengumuman pemenang, melansir The Guardian, Kamis (4/3/2021).

Penghargaan tahunan tersebut mengakui kemajuan yang sangat orisinal dan berpengaruh di bidang penelitian seputar otak.

Penyerahan penghargaan akan berlangsung di Kopenhagen pada 25 Oktober 2021 mendatang, di mana hadiah akan diberikan oleh Putra Mahkota Frederik dari Denmark.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X