Hati-hati, Mimpi Buruk Bisa Jadi Penanda Ada Masalah dalam Diri

Kompas.com - 06/03/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi tidur di sofa. SHUTTERSTOCKIlustrasi tidur di sofa.

KOMPAS.com - Pernah mimpi seram dikejar monster atau mimpi terjatuh dari anak tangga? Coba telaah diri. Mimpi buruk terkadang cara alam bawah sadar kita memberitahu ada satu masalah yang belum selesai.

Hal ini dinyatakan oleh psikolog Halodoc dan RS Rajawali Citra Yogyakarta, Ratna Yunita Setiyani Subardjo.

Bila menelaah mimpi buruk dari sisi psikologis, maka kita akan menemukan banyak hal. Apalagi mimpi buruk yang terjadi berulang kali di dalam satu waktu. Dengan cerita yang tak jauh beda, dengan pengalaman psikologis yang persis sama ketika terbangun dari mimpi.

"Jika mimpinya terjadi berulang kali dengan satu tema kejadian yang sama, maka harus segera intropeksi diri. Seperti misalnya mimpi berulang kali dikejar monster atau hantu hingga ketakutan," paparnya ketika diwawancara Kompas.com, Sabtu (6/3/2021).

Baca juga: Mengapa Kita Tak Bisa Mengingat Mimpi Sendiri? Sains Jelaskan

Menurut Ratna, otak manusia cenderung merekam kejadian yang menimbulkan perasaan buruk. Seperti perasaan sakitnya dikecewakan, takut dikejar kewajiban, dendam karena direndahkan, dan masih banyak lagi. 

Memori inilah, yang akhirnya terputar kembali di dalam mimpi dalam bentuk simbol-simbol.

"Terkadang kita merasa sudah selesai dengan satu masalah, namun alam bawah sadar kita teryata belum melepaskan. Nah itu biasanya akan tercetus lewat mimpi." 

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor psikis dan fisik yang bisa memicu mimpi buruk :

1. Kelelahan fisik dan sakit

Ilustrasi lelahSIphotography Ilustrasi lelah
Banyak mimpi buruk terjadi karena tubuh tengah tidak fit. Seperti yang diceritakan Ratna, banyak pasiennya mengalami gangguan psikologis berupa mimpi buruk karena kelelahan di masa pandemi.

"Kebiasaan baru selama pandemi memicu kelelahan fisik. Seperti misalnya sekolah online atau WFH yang membuat kita terlalu lama duduk di hadapan laptop," cerita Ratna.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X