[HOAKS] Vaksinasi bagi 1.000 Lansia Per Hari di DKI Jakarta Tanpa Daftar, Cukup dengan Bawa KTP

Kompas.com - 06/03/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi hoaks KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, tersebar informasi hoaks soal vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) di DKI Jakarta.

Dalam pesan yang juga tersebar di WhatsApp itu, disebutkan ada program vaksinasi bagi 1.000 lansia per hari di Kantor Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Kementerian Kesehatan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Program itu diklaim dapat menerima peserta vaksinasi tanpa mendaftar mulai 1 Maret 2021. Setiap orang hanya perlu membawa kartu tanda penduduk (KTP), bahkan menerima warga non-DKI Jakarta.

Dari konfirmasi dan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, informasi tersebut adalah hoaks.

Peserta vaksinasi lansia di DKI Jakarta harus melakukan pendaftaran secara online, tidak bisa langsung datang dengan membawa KTP.

Narasi yang beredar

Setelah ditelusuri, setidaknya ada empat akun Facebook yang menyebarkan informasi tersebut.

Di antaranya yakni akun Facebook Aang Kusnandar, Yulita S L, Yulita Aja, dan Patrit Siregar.

Berikut narasinya:

"Informasi: Sahabat yg tinggal di Jakarta, ada vaksinasi lansia di kantor Badan PPSDMK Kemkes, jl H.Jebat, mulai kemarin 1 Maret 2021.

Setiap hari ada, jatahnya 1000 org/hari. Jadi datang saja go show bawa ktp. Ternyata krn jatah banyak, ktp non DKI juga tadi diterima.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X