Kompas.com - 04/03/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi dadar jagung yang disajikan di atas piring beralaskan daun pisang. SHUTTERSTOCK/JEEBANDIlustrasi dadar jagung yang disajikan di atas piring beralaskan daun pisang.

KOMPAS.com - Daun pisang semakin dicari. Selain digunakan di dapur, daun pisang digunakan pula oleh beberapa supermarket modern untuk membungkus produk sayur-mayur mereka.

Daun pisang ini digunakan sebagai pengganti plastik, sebagai usaha memenuhi konsep eco friendly. Jika plastik menghasilkan limbah yang susah terurai, tak begitu dengan daun pisang yang gampang membusuk di tanah.

Baca juga: Supermarket di Bali Pakai Daun Pisang sebagai Pengemas Sayuran

Gaya hidup eco friendly juga membuat daun pisang banyak dicari oleh ibu-ibu rumah tangga dan mereka yang dalam keseharian bekerja di dalam dapur.

Hal ini memancing beberapa produsen untuk menjual daun pisang dalam kemasan plastik. Dalam satu plastik, berisi sekitar 100 lembar daun pisang.

Kemasannya pun terdiri dari beragam varian sesuai ukuran dan potongan daun pisang. Ada yang berbentuk kotak berukuran 10x10 cm, ada yang berukuran bulat berdiamater 10 cm.

Produk ini tentu saja menjadi solusi efektif untuk kaum urban. Dimana di perkotaan, sudah sangat jarang ditemukan adanya kebun pisang.

Berbagai manfaat daun pisang

Daun pisang digunakan sebagai pelengkap dekorasi juga pembungkus makanan yang keluar dari dapur-dapur tradisional.

Tradisi mengemas makanan dengan daun pisang ini tak hanya ada di Indonesia, namun juga di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Menurut Firmansyah, Cluster Executive Chef Royal Malioboro dan Hotel Neo Malioboro, Yogyakarta, daun pisang kini semakin dicari.

Tak hanya untuk membungkus sajian tradisional saja, namun juga untuk beberapa sajian modern yang memang membutuhkan wangi aroma daun pisang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X