Kompas.com - 04/03/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi cabai merah kering khas Korea yang dipakai untuk membuat gochujang. PIXABAY/ALLY JIlustrasi cabai merah kering khas Korea yang dipakai untuk membuat gochujang.

KOMPAS.com - Akibat cuaca yang tak menentu, harga cabai melambung tinggi. Agar tak boros, Anda harus cermat dalam menyimpannya.

Karena dengan penyimpanan yang kurang tepat, cabai rawan membusuk dalam waktu cepat. Meski disimpan di dalam kulkas sekalipun, jika caranya salah cabai akan tetap mudah membusuk

Kondisi yang sering terjadi adalah cabai akan cepat mengering hingga akhirnya busuk. Hal ini terjadi jika cabai terpapar suhu dingin dalam kondisi terbuka tanpa wadah.

Cara simpan cabai segar  

Seperti diberitakan dalam Kompas.com, Sabtu (4/4/2020), untuk menyimpan cabai segar Anda bisa melakukan metode ini.

Pertama, jangan mencuci cabai sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Cukup lap cabai segar menggunakan tisu kering, kemudian masukkan ke dalam wadah. Cuci cabai ketika Anda ingin menggunakannya.

Cabai yang disimpan dalam kondisi basah akan lebih mudah membusuk daripada cabai yang disimpan dalam kondisi kering.

Kedua, sebaiknya cabut tangkai cabai sebelum Anda menyimpannya. Karena terkadang, bagian tangkai sudah mau membusuk dan bisa menulari bagian buah. 

Cermati dan pisahkan pula cabai yang masih ranum segar dengan cabai yang sudah ada tanda-tanda akan membusuk.

Ketiga, siapkan wadah yang bersih juga kering. Kemudian siapkan tisu dan lapisi bagian bawah dan samping wadah dengan tisu. Tisu di sini berfungsi untuk menyerap air dan memastikan cabai akan selalu kering.

Masukkan pula ke dalamnya satu siung bawang putih yang masih segar. Bawang putih bersifat anti bakteri sehingga akan mencegah cabai cepat membusuk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X