Mengenal Ambergris dan Mengapa Harganya Bisa Selangit?

Kompas.com - 04/03/2021, 09:50 WIB
Sebuah bongkahan batu yang diduga ambergis yang ditemukan oleh Surachet Chanchu di Songkhla, Thailand Selatan. MSNSebuah bongkahan batu yang diduga ambergis yang ditemukan oleh Surachet Chanchu di Songkhla, Thailand Selatan.

KOMPAS.com - Seorang perempuan di Thailand, Siriporn Niamrin (49) baru-baru ini menemukan muntahan ikan paus yang disebut bernilai hingga Rp 3,7 miliar.

Ambergris tersebut ditemukan oleh Niamrin dengan berat 7 kilogram, serta memiliki lebar 30 hingga 60 cm saat ditemukan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Ambergris dan 5 Fakta tentang Muntahan Paus Sperma

Lantas, mengapa ambergris memiliki harga yang sangat mahal?

Dalam fungsinya, muntahan paus biasa dijadikan pengikat aroma pada parfum serta wewangian langka seperti musk.

Bau khas yang muncul dari Ambergris, banyak dicari oleh pakar parfum dunia.

Pemanfaatan pada produk parfum didukung oleh sifat ambergris yang larut dalam beberapa jenis cairan dan minyak tertentu, dengan kecepatan penguapan yang lambat sehingga wangi parfum dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: Pemulung Ini Temukan Bongkahan Batu Diduga Muntahan Paus Senilai Rp 9,1 Miliar


Dianggap sangat langka

Selain itu, mengutip Whale Facts, ambergris juga dimanfaatkan sebagai aroma dupa, bahan pewangi dalam cerutu, pengobatan pilek, sakit kepala, melindungi individu dari wabah, dan kegunaan lain, baik bersifat fisik, mental, maupun psikologis.

Chirstopher Kemp, penulis buku Floating Gold: the Natural (and Unnatural) History of Ambergris terbitan University of Chicago Press dikutip dari Kompas.com ,16 November 2017 mengatakan bahwa ambergris mahal karena sangat langka.

Ambergris merupakan zat padat, lilin dan mudah terbakar yang diproduksi di usus Paus Sperma.

Baca juga: Ramai Hiu Paus Terdampar di Pantai Congot, Yogyakarta, Ini Penjelasan BKSDA

Para ahli memperkirakan ambergris tidak keluar dari mulut paus, namun ia keluar dari bagian anus karena memiliki bau yang sangat tidak enak seperti kotoran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X