Kompas.com - 03/03/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi minuman keras China yang dikenal dengan nama baijiu atau alkohol putih. AFP / LIU JINIlustrasi minuman keras China yang dikenal dengan nama baijiu atau alkohol putih.

KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan orang yang mengonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

WHO menjelaskan penggunaan alkohol, khususnya dalam jumlah banyak atau intensitas yang tinggi justru dapat melemahkan sistem imun.

Melemahkan imun

Apabila efek ini yang terjadi, maka  secara otomatis akan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan atau mengatasi infeksi virus.

Imbauan WHO tersebut juga ditegaskan oleh Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kerry Lestari Dandan.

Pihaknya mengingatkan publik untuk minum secara bertanggung jawab. Artinya, publik perlu membatasi alkohol dan menghindari minuman manis.

”Kalau ada yang suka mengonsumsi alkohol, sekarang dibatasi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien Covid-19, selama masa pemulihan kita harus membatasi atau bahkan menghentikan minuman manis. Ini semua sesuai dengan saran WHO,” kata Kerry dikutip dari Kompas.id, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Bagaimana Konsumsi Alkohol Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh?

Memperparah Covid-19

Selain itu, konsumsi alkohol dalam tingkat berat juga dapat meningkatkan risiko sindrom kelainan pernapasan akut atau acute respiratory distres syndrome (ARDS), yang sejauh ini diketahui sebagai salah satu komplikasi yang dapat memperparah Covid-19.

Hal lain yang mungkin dinilai sepele namun juga tidak bisa dianggap remeh adalah meningkatnya kecenderungan merokok seseorang yang tengah di tengah pengaruh konsumsi alkohol.

Padahal, dalam pembahasan lain, merokok juga disebut dapat meningkatkan potensi infeksi Covid-19, karena intensnya kontak tangan dengan bibir (mulut) melalui batang atau alat rokok yang diisap.

Jika menilik kebiasaan yang sebelumnya berkembang, kebanyakan konsumsi alkohol dilakukan di bar, klub malam, restoran, atau tempat lain yang melibatkan kerumunan atau keramaian.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X