Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdeteksi di Indonesia, Ini Perbandingan Varian Virus Corona B.1.1.7 dengan D614G

Kompas.com - 03/03/2021, 20:30 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 diketahui telah mengalami berklai kali mutasi, hingga menghasilkan varian-varian baru.

Di antara varian baru virus corona adalah varian B.1.1.7, yang pertama kali terdeteksi di Inggris pada November 2020, dan telah menyebar ke berbagai negara.

Mutasi B.1.1.7 juga telah dikonfirmasi terdeteksi di Indonesia. Temuan mutasi tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono.

"Tadi malam, saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun (pandemi), hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7, UK (United Kingdom) mutation, di Indonesia," kata Dante, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Peneliti Temukan 3 Varian Virus Corona Penyebab Covid-19, Apa Saja?

Perbandingan mutasi B.1.1.7 dengan D614G

Sebelum kemunculan varian B.1.1.7, para ahli telah mendeteksi kemunculan mutasi virus corona D614G, yang pertama kali terdeteksi di Eropa, sebelum akhirnya menjadi varian paling umum di dunia.

Berikut perbandingan antara mutasi B.1.1.7 dengan D614G, dari beberapa aspek:

1. Tingkat penularan

Varian D614G disebutkan mampu bereplikasi lebih cepat, dan lebih mudah ditularkan, daripada virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China.

Hal tersebut diketahui dari eksperimen yang dilakukan para ilmuwan di University of North Carolina di Chapel Hill, dan University of Wisconsin-Madison.

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Sudah Masuk Indonesia, Ini Informasi Lengkapnya...

Eksperimen pada hamster menunjukkan, varian D614G mereplikasi sekitar 10 kali lebih cepat, dan lebih menular, dibanding virus corona yang terdeteksi di Wuhan.

Sementara itu, mutasi B.1.1.7, yang pertama kali ditemukan di Inggris, diketahui memiliki tingkat penularan 70 persen lebih tinggi dibanding virus yang pertama terdeteksi di Wuhan.

Mutasi B.1.1.7 lebih menular karena varian virus corona tersebut mengalami replikasi lebih cepat di dalam tenggorokan, dan mempunyai viral load tingi.

2. Tingkat keparahan penyakit

Baik mutasi B.1.1.7 maupun D614G tidak terbukti memiliki korelasi dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita oleh pasien Covid-19.

Baca juga: Cara Melindungi Diri dari Infeksi Mutasi Virus Corona B.1.1.7

Meski demikian, pasien Covid-19 mutasi B.1.1.7, diketahui lebih sering melaporkan beberapa gejala berikut ini dibanding varian sebelumnya, yaitu:

  • Batuk
  • Sakit Tenggorokan
  • Kelelahan
  • Nyeri otot

Data tersebut didapat Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS), setelah bertanya kepada orang-orang tentang gejala mereka setelah menerima tes positif Covid-19 antara 15 November 2020 hingga 16 Januari 2021.

Sejumlah ahli menyebut, pergeseran gejala mungkin didorong oleh sifat mutasi B.1.1.7 yang lebih menular dan menyebar lebih cepat di tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com