Kompas.com - 03/03/2021, 19:05 WIB
Ilustrasi hoaks KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, tersebar infografik yang berisi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate soal Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dinarasikan, Johnny menyebut OPM menggunakan media sebagai ajang untuk propaganda.

Dari konfirmasi dan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, Johnny menegaskan dirinya tidak pernah mengeluarkan statement atau pernyataan seperti yang beredar di dunia maya itu.

Narasi yang beredar

Setelah ditelusuri, ada satu akun Facebook yang menyebarkan infografik berisi pernyataan Menkominfo tersebut.

Akun Facebook itu adalah Pace Yubo.

Berikut narasi dari infografik yang ia unggah:

"OPM Gunakan Media untuk Propaganda

Berbagai kejadian penembakan,pemalakan dan penusukan oleh OPM di Intan Jaya adalah bagian dari Propaganda yang dilakukan oleh kelompok OPM bergaya teroris di Papua yang sangat meresahkan karena tidak dapat dukungan masyarakat Papua maupun Internasional.

OPM sengaja membangun opini publik dengan memanfaatkan pemberitaan dengan memanfaatkan beberapa media online untuk meraup keuntungan untuk media itu sendiri tanpa memikirkan dampaknya terhadap masyarakat Papua dan Indonesia pada umumnya.

Johnny G. Plate
Menkominfo".

Tangkapan layar unggahan yang berisi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate soal Organisasi Papua Merdeka (OPM).FACEBOOK Tangkapan layar unggahan yang berisi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate soal Organisasi Papua Merdeka (OPM).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X