6 Destinasi Menarik Dekat Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Kompas.com - 03/03/2021, 12:22 WIB
Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. SHUTTERSTOCK / Quon_IDStasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

KOMPAS.com - Yogyakarta memiliki sederet pesona. Tak hanya destinasi wisata alam, budaya dan kulinernya saja yang memiliki magnet kuat menarik wisatawan datang. Bahkan selasar stasiunnya pun, melekat erat di benak banyak orang yang pernah menyinggahinya.

Stasiun Lempuyangan adalah yang paling sering diperbincangkan warganet.

Karena kereta yang berhenti di stasiun ini adalah kereta-kereta ekonomi, maka stasiun ini jadi titik berangkat dan titik destinasi favorit dari masyarakat kalangan pelajar, mahasiswa, ataupun backpacker.  

Tagar #StasiunLempuyangan bahkan pernah menjadi trending pada akhir 2020 lalu. Twit dari @nakaklelle di November 2020, disukai oleh sekitar 1387 akun. 

Stasiun Lempuyangan memang menyimpan segudang cerita. Di sisi lain, stasiun ini juga strategis, dikelilingi beragam destinasi kuliner atau wisata yang semuanya menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda melaju menggunakan KRL Solo-Jogja dan berhenti di stasiun ini, tak ada salahnya untuk sebentar merapat dan menikmati keindahan Jogja dari  6 sudut tempat yang berbeda.

Baca juga: Layanan KRL Solo-Jogja Akan Diteruskan sampai Kutoarjo dan Madiun

1. Museum Benteng Vredeburg

Pengunjung berada di kawasan Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Rabu (9/8/2017). Dalam rangka menyambut Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggratiskan tiket masuk cagar budaya dan museum di Indonesia yang berada di bawah Kemendikbud sepanjang Agustus 2017. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye/17. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko Pengunjung berada di kawasan Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Rabu (9/8/2017). Dalam rangka menyambut Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggratiskan tiket masuk cagar budaya dan museum di Indonesia yang berada di bawah Kemendikbud sepanjang Agustus 2017. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye/17.
Museum ini tak jauh letaknya dari Stasiun Lempuyangan.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat 6 November 2020, benteng ini bisa ditempuh berjalan kaki selama 30 menit dari Stasiun Lempuyangan.

Di museum tersebut banyak sekali terdapat spot foto untuk dijadikan background swafoto. Ada juga ragam koleksi foto, replika dan miniatur yang menarik untuk dilahap mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X