4 Tips Cara Mengolah Kacang Merah agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Kompas.com - 02/03/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi kacang merah mentah buat sup. SHUTTERSTOCK/ERLY DAMAYANTIIlustrasi kacang merah mentah buat sup.

KOMPAS.com - Kacang merah kerap dijadikan pelengkap sup sayuran atau rendang. Selain itu, kacang merah juga dapat diolah menjadi bubur yang lezat. 

Kacang merah disebut juga kacang jogo, jenis kacang dari kelompok Phaseolus vulgaris.

Tentang kandungan gizi, kacang ini memiliki sederet vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat dan masih banyak lagi.

Dikutip dari Alodokter, disebutkan bahwa kacang merah memiliki berbagai manfaat, di antaranya untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini lantaran dalam 200 gram kacang merah terdapat 46 gram serat. Jauh melebihi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Selain itu, kacang merah juga bisa digunakan untuk mengontrol gula darah karena ia memiliki indeks glikemik sangat rendah.

Manfaat lainnya, kacang merah bisa juga dimanfaatkan dalam program diet. Dengan banyaknya serat yang ada di dalamnya, kacang merah dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Hati-hati mengolah kacang merah

Meski memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat baik bagi tubuh, Anda harus berhati-hati di dalam mengolah kacang merah. Karena dalam kondisi mentah atau kurang matang, kacang merah mengandung racun yang berbahaya. 

Racun ini disebut phytohaemagglutinin, zat yang dapat memicu gejala keracunan seperti mual, muntah, pusing, juga diare. Terkadang jika kandungan racun terlalu kuat, maka bisa menyebabkan efek nyeri perut yang sangat ekstrem.

Selain itu, kacang merah juga mengandung antinutrien, kandungan yang dapat menghambat penyerapan zat gizi lain. Dalam beberapa kasus hal ini membahayakan tubuh, terutama bagi mereka yang mengonsumsi kacang merah sebagai makanan utama.

Baca juga: Resep Es Cendol Singapura, Pakai Kacang Merah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X