Kompas.com - 02/03/2021, 15:28 WIB
Ilustrasi lolos Prakerja. Dana pelatihan masih dalam proses. FAQ Kartu Prakerja Ilustrasi lolos Prakerja. Dana pelatihan masih dalam proses.

KOMPAS.com - Pengumuman hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 12 mulai dilakukan pada Selasa (2/3/2021) atau Rabu (3/3/2021).

Peserta yang dinyatakan lolos, akan menerima dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, yang digunakan untuk membeli pelatihan di mitra platform digital.

Akan tetapi, sejumlah peserta yang telah dinyatakan lolos gelombang 12 mengaku masih belum menerima dana pelatihan tersebut. Pada dashboard akun Prakerja tertulis saldo pelatihan "masih dalam proses".

Baca juga: Program Prakerja Ditutup, Bagaimana Tandanya jika Lolos atau Gagal?


Lantas, kapan dana pelatihan masuk ke dashboard akun masing-masing peserta?

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan, memang butuh waktu untuk menyalurkan dana pelatihan, sehingga pihaknya meminta masyarakat dapat bersabar.

Louisa menjelaskan, setelah PMO mendapatkan 600.000 NIK yang lolos seleksi, maka Bank BNI harus membuat virtual account atas nama 600.000 NIK tersebut.

Virtual account tersebut digunakan untuk menampung dana bantuan pelatihan, dana insentif pasca-pelatihan, dan dana insentif pengisian survei.

"Jadi pasti butuh waktu. Perlu dipahami bahwa ini adalah virtual account atas nama penerima Kartu Prakerja tetapi tidak dapat diakses langsung oleh penerima Kartu Prakerja," kata Louisa saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Tak Punya Rekening BNI? Ini Cara Lain Cairkan Insentif Prakerja

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X