Dua Bir Ini Banyak Dicari, Tak Memabukkan, Justru Menyehatkan

Kompas.com - 01/03/2021, 19:00 WIB
Arief Puji Prasetyo salah satu penjual bir jawa saat menyajikan bir jawa untuk pelanggannya di Festival Lawang Kota Tua, Kamis (27/9/2018) KOMPAS.com / ANDI HARTIKArief Puji Prasetyo salah satu penjual bir jawa saat menyajikan bir jawa untuk pelanggannya di Festival Lawang Kota Tua, Kamis (27/9/2018)

KOMPAS.com - Pro kontra mengenai perpres (peraturan presiden) soal investasi minuman keras (miras) di Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara hingga Papua masih terus berlangsung.

Bahkan di Twitter, sempat melejit tagar #PapuaTolakInvestasiMiras. Dimana hingga Senin (1/3/3121) pagi, tagar ini sudah diramaikan hingga 4.038 cuitan.

Bagi sebagian orang, miras sendiri memang membuat bulu kuduk merinding bahkan hanya dengan mendengar nama atau istilahnya. Namun tidak dengan miras kearifan lokal berikut ini. Namanya justru dicari, lantaran di dalamnya mengandung komposisi zat-zat herbal yang dipercaya menyehatkan tubuh.

Miras lokal dan halal di sini tentu saja tidak mengandung alkohol yang memabukkan, melainkan terbuat dari rempah-rempah yang menyehatkan.

Dinamai bir lantaran memiliki khasiat dan penampilan yang memang hampir mirip dengan bir.

Bir ini berkhasiat menghangatkan badan, mampu mengusir hawa dingin yang menyergap seluruh permukaan tubuh. Sedangkan soal penampilannya, minuman lokal ini juga berwujud layaknya minuman bir yang dituang ke dalam gelas tinggi.

Berwarna kuning bening, lengkap dengan buih putih yang mengambang lembut di atasnya.

Dua bir lokal yang tenar

Miras lokal tanpa alkohol ini lahir di tanah Jawa. Dari masa ke masa, minuman ini tersaji dan dijajakan oleh lapak-lapak tradisional yang memang mengangkat kekayaan kuliner lokal nusantara.

1. Bir Jawa

Bir Jawa bisa jadi terinspirasi dari Jave Bier, bir milik Belanda yang lahir tahun 1929 di Kota Surabaya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X