[KLARIFIKASI] Penumpang Keluhkan Ketiadaan Layanan GeNose di Stasiun Kertosono, Nganjuk

Kompas.com - 01/03/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah informasi yang diunggah di Facebook, menyebut tes Covid-19 menggunakan GeNose belum tersedia di Stasiun Kertosono, sehingga penumpang harus menjalani rapid test antigen.

Pengunggah mengatakan kondisi itu tidak sesuai dengan informasi yang disampaikan pihak pemerintah sebelumnya, yang menyebut GeNose sudah tersedia di semua fasilitas transportasi publik, baik transportasi darat maupun laut.

Namun hal ini memang sudah sesuai dengan informasi yang disampaikan PT KAI, bahwa GeNose baru terdapat di 12 stasiun, dan hingga kini Stasiun Kertosono belum masuk dalam daftar itu.

Pihak Pemerintah menyebut keberadaan GeNose per 5 Februari baru dimulai di stasiun kereta api dan secara bertahap akan diperluas ke bandara, dan tempat transportasi publik lainnya.

Narasi yang beredar

Sebuah akun Facebook bernama Akung Djoko mengunggah sebuah status berisi pengalamannya harus menjalani rapid test antigen saat akan menaiki kereta api dari Stasiun Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur menuju Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah.

Unggahan dibuat pada Sabtu (27/2/2021) sore.

Ia mengeluhkan mengapa layanan GeNose belum bisa dirasakannya pada Sabtu (27/2/2021), padahal menurutnya Pemerintah telah menyebut layanan tes Covid-19 ini sudah tersedia di seluruh layanan angkutan darat dan laut sejak 5 Februari 2021.

Berikut ini adalah narasi lengkapnya:

"Siang ini ke stasiun Kertosono cari ticket ke Solo Balapan. Nengok cucu ragil khitan. Tapi ternyata se blm naik KA harus rapit test antigen dulu.tetap spt sblmnx
yg sy heran pdhl wktu tgl 3 Februari diumumkkan oleh menkes,menhub dan menko Luhut bahwa mulai tgl 5 Februari semua angkutan darat laut disiapkan Genose.
Nyatanx tetap rapit antigen," tulis dia.

 

Tangkapan layar unggahan Facebook soal tidak adanya tes GeNose di Stasiun Kertosono, NganjukFacebook Tangkapan layar unggahan Facebook soal tidak adanya tes GeNose di Stasiun Kertosono, Nganjuk

Penelusuran Kompas.com

Meluruskan unggahan yang dibuat akun Akung Djoko, Tim Cek Fakta Kompas.com mencoba mendapatkan klarifikasi dari pihak PT KAI.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X