Kompas.com - 01/03/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19. SHUTTERSTOCK/NENAD CAVOSKIIlustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Anosmia merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh pasien Covid-19. Anosmia adalah gejala yang merujuk pada sensasi kehilangan bau dan rasa.

Beberapa pasien Covid-19 gejalan ringan yang telah selesai menjalani masa isolasi, mengaku masih merasakan gejala anosmia.

Indera penciuman dan perasa mereka masih belum kembali normal, meski mereka telah menjalani masa isolasi sesuai waktu yang telah ditetapkan dalam pedoman penanganan Covid-19.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (24/2/2021) berdasarkan penelitian terbaru, gejala anosmia diketahui dapat berlanjut, bahkan hingga lima bulan setelah gejala pertama dilaporkan muncul.

Baca juga: Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia

Jika gejala anosmia masih dirasakan, kapan masa isolasi boleh diakhiri?

Kriteria utama adalah bebas demam

Menjawab pertanyaan tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, kriteria utama pengakhiran isolasi adalah harus sudah bebas demam tanpa pemberian obat.

"Gejala utama yang menjadi patokan adalah demam. Harus sudah bebas demam tanpa pemberian obat," kata Tonang, seperti dikutip dari unggahan akun Facebook-nya, Minggu (24/2/2021).

Kompas.com telah meminta konfirmasi dan izin dari Tonang, untuk mengutip penjelasan yang dia sampaikan di Facebook.

Tonang mengatakan, berdasarkan acuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kriteria utama pengakhiran masa isolasi bagi pasien Covid-19 adalah sudah 72 jam bebas demam.

Baca juga: Negara yang Telah Menerima Skema Covax WHO, Mana Saja?

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X