Trending di Twitter, Ini Daftar Artis Korea yang Dihapus dari Spotify

Kompas.com - 01/03/2021, 08:56 WIB
ilustrasi Spotify techcrunch.comilustrasi Spotify

KOMPAS.com - Kata kunci 'Spotify' menjadi trending topic di Twitter, Senin (1/3/2021) pagi ini, dengan lebih dari 1,6 juta twit menggunakan kata kunci tersebut telah diunggah oleh warganet.

Spotify ramai diperbincangkan setelah ratusan lagu K-Pop menghilang dari platform pemutar musik tersebut karena adanya masalah kesepakatan distribusi dengan distributor musik asal Korea Selatan, Kakao M.

Akibat permasalahan tersebut, ratusan lagu K-Pop yang didistribusikan oleh Kakao M, yang juga memiliki platform pemutar musik Melon, terpaksa dihapus dari Spotify.

Hal itu kemudian mengundang reaksi masif dari warganet penggemar musik K-Pop, yang merasa dirugikan akibat adanya permasalahan tersebut.

Pernyataan resmi Spotify

Melansir Antara, Senin (1/3/2021), Kakao M mendistribusikan banyak lagu populer Korea, di mana 37,5 persen lagunya masuk ke dalam tangga lagu tahunan top 400 2020 dari Gaon Music Chart.

Sejumlah rilisan lagu populer dari distributor tersebut tidak bisa lagi didengarkan di Spotify seluruh dunia, antara lain dari IU, Cherry Bullet, GFriend, Mamamoo, CL, dan Nu'est.

Dalam keterangan resmi kepada NME, juru bicara Spotify mengonfirmasi bahwa katalog lagu dari Kakao M tidak akan lagi tersedia untuk pengguna mulai 1 Maret 2021, karena lisensi distribusi yang sudah kadaluarsa.

Baca juga: 5 Webtoon Romance yang Bakal Jadi Drakor

Berikut pernyataan resmi Spotify:

Kami sudah bekerja sama dengan Kakao M selama 1,5 tahun untuk memperbarui kesepakatan lisensi global, agar musik-musik dari artis mereka tetap tersedia untuk pendengar Spotify di hampir 170 pasar di dunia.

Meski sudah berusaha keras, perjanjian lisensi kami dengan Kakao M (yang mencakup seluruh negara selain Korea Selatan) telah berakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X