Arkeolog Temukan Kereta Kuno Romawi Berusia 2.000 Tahun di Pompeii

Kompas.com - 01/03/2021, 08:00 WIB
Kereta kuno dari tahun 79 masehi di Pompeii Italia Twitter/@pompeii_sitesKereta kuno dari tahun 79 masehi di Pompeii Italia

KOMPAS.com - Para arkeolog menemukan kereta upacara kuno Romawi yang hampir berusia 2.000 tahun dari sebuah vila di dekat kota Pompeii, Italia.

Kereta tersebut diduga ikut terkubur saat terjadi letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 Masehi.

Melansir NBCN News, Sabtu, (27/2/2021), kereta beroda empat yang hampir utuh itu terbuat dari besi, perunggu, dan timah.

Kereta itu ditemukan di dekat istal vila kuno di Civita Giuliana, sekitar 700 meter di utara tembok Pompeii kuno.

Baca juga: Peti Mati dan Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Kuil Kuno Mesir

Kereta upacara

Direktur Situs Arkeologi Pompeii, Massimo Osanna, menjelaskan kereta itu adalah kereta untuk upacara pertama yang ditemukan di daerah itu.

"Seseorang tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa ini bisa menjadi kereta yang digunakan untuk ritual yang berkaitan dengan pernikahan, untuk membawa pengantin perempuan ke rumah barunya," kata Osanna.

Sebelumnya, di daerah itu hanya ditemukan kendaraan fungsional yang digunakan untuk transportasi dan pekerjaan, tapi tidak untuk upacara.

"Ini adalah penemuan luar biasa yang memajukan pemahaman kita tentang dunia kuno," kata Osanna.

Dia juga mengatakan bahwa kereta tersebut menemani saat-saat perayaan bagi komunitas, (seperti) parade dan prosesi.

Baca juga: Situs Arkeologi Masjid Tertua di Dunia Ditemukan di Tiberia, Israel

Bentuk kereta

Kereta kuno Pompeii Italia berusia hampir 2.000 tahunTwitter/@pompeii_sites Kereta kuno Pompeii Italia berusia hampir 2.000 tahun

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X