4 Kendala yang Biasa Terjadi Saat Daftar Kartu Prakerja dan Solusinya

Kompas.com - 28/02/2021, 17:45 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRAWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja 2021 telah dimulai awal pekan lalu dengan dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 telah ditutup pada Jumat (26/2/2021), dan akan dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 pekan depan.

Kemungkinan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 pada Rabu (3/3/2021) atau Kamis (4/3/2021).

Saat pendaftaran gelombang 12, ada sejumlah keluhan yang disampaikan.

Apa saja kendala yang mungkin muncul saat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja?

Berikut 4 di antaranya dan solusi untuk kendala tersebut:

1. Muncul keterangan sistem tidak bisa mendeteksi foto KTP

Kesulitan mengunggah KTP ini terpantau sempat dikeluhkan oleh sejumlah warganet di media sosial Twitter maupun kolom komentar akun Instagram @prakerja.go.id

Keterangan yang muncul yakni:

"Gagal mengunggah file foto KTP, silakan unggah ulang. Sistem kami mendeteksi foto yang kamu unggah bukan foto e-KTP. Pastikan file yang diupload harus file foto e-KTP asli dan dengan gambar yang jelas".

Diberitakan Kompas.com, 25 Februari 2021, berdasarkan keterangan pengelola Kartu Prakerja, ada beberapa kemungkinan penyebab gagalnya upload KTP.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X