Profil dan Harta Kekayaan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulawesi Selatan yang Diduga Terlibat Kasus Suap

Kompas.com - 28/02/2021, 11:05 WIB
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah ke daerah terisolir di Kabupaten Luwu Utara merayakan malam pergantian tahun. Pemprov SulselGubernur Sulsel, Nurdin Abdullah ke daerah terisolir di Kabupaten Luwu Utara merayakan malam pergantian tahun.

KOMPAS.com - Penangkapan dan penetapan tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Sabtu (27/2/2021) dini hari, menyita perhatian publik.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan KPK, Sabtu (27/2/2021), Nurdin diketahui terbukti dan meyakinkan menjadi penerima suap sejumlah uang dari beberapa pihak terkait pengadaan infrastruktur di Sulawesi Selatan.

Baca juga: Perjalanan Nurdin Abdullah, Diciduk KPK, Jadi Tersangka, dan Langsung Ditahan

Siapa sesungguhnya sosok Nurdin Abdullah?

Profil

Berdasarkan informasi di laman resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, pria kelahiran Parepare, 7 Februari 1963 ini menyandang sejumlah gelar akademis yang ia dapat dari perjalanan pendidikan yang ditempuh.

Gelar lengkapnya adalah Prof Dr Ir H M Nurdin Abdullah, M Agr.

Sarjana dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanudin ini telah menyelesaikan pendidikannya hingga S-3.

Baca juga: Juliari Batubara dan Sederet Menteri Sosial yang Ditangkap KPK karena Korupsi...

Pendidikan master juga doktoral di bidang agrikultural ia tempuh di Kyushu University Jepang pada 1994.

Saat ini, ia memiliki seorang istri dan dikaruniai 3 orang anak.

Nurdin yang dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Selatan periode 2018-2023 oleh Presiden Joko Widodo pada 5 September 2018 ini juga pernah menjabat sebagai Bupati Bantaeng selama 2 periode, 2008-2013 dan 2013-2018.

Selain menjabat di bidang politik pemerintahan, Nurdin juga diketahui menjadi Guru Besar di Fakultas Kehutanan Universitas Hassanudin.

Baca juga: Mengenal Asabri, Perusahaan BUMN yang Diduga Terindikasi Korupsi oleh Mahfud MD

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X