Kompas.com - 28/02/2021, 09:05 WIB
Pengiriman vaksin Covid-19 yang didistribusikan oleh Fasilitas COVAX tiba di Abidjan, Pantai Gading, Jumat 25 Februari 2021. AP PHOTO/DIOMANDE BLE BLONDEPengiriman vaksin Covid-19 yang didistribusikan oleh Fasilitas COVAX tiba di Abidjan, Pantai Gading, Jumat 25 Februari 2021.

KOMPAS.com - Inisiatif global untuk memastikan vaksin Covid-19 bagi seluruh negara di dunia atau Covid-19 Vaccines Global Acces (Covax) terus berlanjut.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan laporan skema Covax yang telah berjalan sejauh ini, melalui pertemuan media virtual pada Jumat (26/2/2021).

Covax merupakan program WHO untuk mengupayakan keadilan dan pemerataan distribusi vaksin Covid-19, terutama untuk negara berpenghasilan rendah.

"Saya ingin berterima kasih kepada mitra Covax kami di Gavi, CEPI dan UNICEF, yang telah membantu membawa kami ke titik ini, dan Negara Anggota yang telah menyediakan sumber daya," kata Tedros.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19, Mengapa Diberikan Lewat Suntikan?

Ghana penerima Covax pertama

Pada Rabu (24/2/2021), Ghana menjadi negara pertama di luar India yang menerima dosis vaksin Covid-19 dari fasilitas Covax.

Sebanyak 600.000 dosis vaksin AstraZeneca/Oxford yang dilisensikan kepada Serum Institute of India telah tiba di Accra, Ghana.

Ini menandai dimulainya pengadaan dan operasi pasokan vaksin terbesar dalam sejarah.

Pada akhir 2021, rencananya Covax akan menyalurkan hampir 2 miliar dosis ke lebih dari 90 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Inisiatif sempat terhambat oleh pasokan global yang sangat terbatas serta masalah logistik yang menyebabkan vaksinasi tertinggal secara global.

Setelah Ghana, pengiriman vaksin dari Covax rencananya akan dilanjutkan ke Abidjan, Pantai Gading di pekan yang sama.

Baca juga: Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X