Ramai soal Anak Disebut Meninggal akibat Radiasi Ponsel, Ini Penjelasan Medisnya...

Kompas.com - 27/02/2021, 12:32 WIB
Ilustrasi Radiasi Ponsel GeraltIlustrasi Radiasi Ponsel

KOMPAS.com - Seorang remaja berusia 12 tahun asal Kecamatan Pabuaran, Subang, disebut meninggal dunia karena adanya gangguan pada kepalanya yang diduga karena seringnya terpapar radiasi dari ponsel.

Mengutip TribunNews (25/2/2021), kejadian tersebut berawal ketika korban mengeluh sakit kepala.

Dalam keseharian, korban dikenal gemar bermain game online.

Setelah dilakukan pemeriksaan, disebutkan bahwa remaja tersebut meninggal dunia diduga karena mengalami gangguan saraf akibat radiasi ponsel.

Baca juga: Soal Pom Bensin Terbakar Diduga karena Radiasi Ponsel, Ini Penjelasan Pertamina

Lantas, benarkah radiasi ponsel dapat mengakibatkan kematian?

Menanggapi hal itu, dokter spesalis anak dan juga konsultan neurologi anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Rr Amanda Soebadi menyampaikan bahwa penyebab kematian pasien bukan dikarenakan radiasi ponsel.

Ia menjelaskan, sampai saat ini tidak ada laporan ilmiah kematian yang disebabkan langsung oleh radiasi piranti digital.

"Dari segi medis-neurologis, penyebab kematian pasien ini kemungkinan adalah penyakit yang menyebabkan sakit kepalanya," ujar Amanda saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Viral Obat Sakit Kepala Untuk Rebus dan Bikin Empuk Daging, Apa Bahayanya?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X