Kompas.com - 27/02/2021, 11:47 WIB
Tol langit menggambarkan sambungan bebas hambatan bagi sinyal internet di langit Indonesia, yang akan menghubungkan seluruh wilayah di bumi Nusantara Dok. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf AminTol langit menggambarkan sambungan bebas hambatan bagi sinyal internet di langit Indonesia, yang akan menghubungkan seluruh wilayah di bumi Nusantara

KOMPAS.com - Jika mendengar istilah "tol langit", apa yang pertama kali Anda bayangkan? Adanya jalan bebas hambatan di ketinggian udara? Konektivitas angkutan udara yang lebih tertata? Atau yang lain?

Proyek Pemerintah yang satu ini kembali disinggung oleh Presiden di Istana Negara, Jumat (26/2/2021).

Persiden berharap pemanfaatan tol langit lebih ditingkatkan.

Baca juga: Jokowi Minta agar Tol Langit Palapa Ring Tersambung hingga Rumah Warga

Apa itu tol langit?

Proyek digital: Palapa Ring

Tol langit adalah proyek jaringan serat optik yang mengupayakan pemerataan kualitas internet di seluruh wilayah Indonesia dengan kualitas yang merata, tanpa adanya kesenjangan.

Ini adalah cita-cita dasar dari keberadaan istilah "tol langit".

Mengutip Kementerian Komunikasi dan Informatika , 21 Februari 2019, Menkominfo saat itu, Rudiantara menjelaskan, tol langit merupakan istilah dari proyek Palapa Ring yang di dalamnya terdapat penggunaan satelit.

"Ini lah yang disebut tol langit karena satelitnya di langit yang semuanya menghubungkan broadband dan sebagainya, jadi mungkin orang melihatnya itu lah tol langit,” jelas dia.

Kala itu, Palapa Ring Barat dan Tengah sudah mulai beroperasi, sementara di bagian Timur masih dalam tahap penyelesaian.

Untuk menyediakan internet dengan kecepatan tinggi dan merata di seluruh wilayah Indonesia, Rudiantara menyebutkan, dibutuhkan waktu hingga beberapa tahun, tidak bisa dalam sekejap mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X