Kompas.com - 26/02/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi kain Dok. PixabayIlustrasi kain

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menemukan bahwa virus corona penyebab Covid-19 dapat bertahan pada beberapa jenis kain dan menyebar hingga 72 jam atau tiga hari.

Studi dilakukan oleh para peneliti di De Montfort University (DMU) di Leicester, Inggris.

Para peneliti melaporkan, jejak virus tetap dapat menular pada poliester, polycotton, dan 100 persen kain katun hingga tiga hari.

"Ketika pandemi pertama kali dimulai, sangat sedikit pemahaman tentang berapa lama virus corona dapat bertahan hidup di tekstil," ujar peneliti utama dan ahli mikrobiologi DMU Dr Katie Laird seperti dikutip dari BBC, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Studi: Lama Waktu Virus Corona Bisa Bertahan Hidup di Permukaan Benda

Risiko penularan virus

Menurut Katie, tiga jenis kain ini paling umum digunakan, sehingga menimbulkan risiko penularan virus.

"Jika perawat dan petugas kesehatan membawa pulang seragamnya, mereka dapat meninggalkan jejak virus di permukaan lain," ujar dia.

Dalam penelitiannya, digunakan tetesan model virus corona, disebut HCoV-OC4, yang mempunyai struktur dan pola kelangsungan hidup sangat mirip dengan SARS-CoV-2. Tetesan tersebut diberikan pada ketiga jenis kain.

Kemudian pada setiap jenis kain, virus dipantau selama 72 jam dalam pengaturan yang dikendalikan laboratorium.

Penelitian, yang saat ini tengah ditinjau sejawat, melaporkan bahwa poliester mempunyai risiko tertinggi menularkan virus, dengan partikel infeksius masih ada di kain setelah tiga hari.

Sementara itu, pada 100 persen kain katun dilaporkan virus bertahan selama 24 jam, sedangkan polycotton bertahan selama enam jam.

Baca juga: Studi: Virus Corona Bertahan Lebih Lama pada Tetesan Berukuran Kecil

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X