Video Viral Malam Ini Akan Ada Fenomena Bulan Purnama Salju, Apa Itu?

Kompas.com - 26/02/2021, 13:30 WIB
Penampakan bulan purnama 'Strawberry Moon' saat berlangsung gerhana bulan penumbra, terlihat di atas langit Jakarta, Sabtu (6/6/2020) dini hari. Dua fenomena langit, bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra, yang jarang terjadi bersamaan ini bisa terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia. AFP/BAY ISMOYOPenampakan bulan purnama 'Strawberry Moon' saat berlangsung gerhana bulan penumbra, terlihat di atas langit Jakarta, Sabtu (6/6/2020) dini hari. Dua fenomena langit, bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra, yang jarang terjadi bersamaan ini bisa terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia.

KOMPAS.com – Sebuah unggahan video yang menyebut bahwa malam ini akan terjadi fenomena Super Snow Moon atau Bulan Purnama Salju viral di media sosial TikTok.

Postingan tersebut dibagikan oleh sebuah akun TikTok dengan id @carloshavio

“Jangan lupa stay tune malam ini,” tulisnya dalam keterangan unggahannya. 

Baca juga: Malam Ini, Ada Fenomena Supermoon Terbesar yang Disebut Super Snow Moon


 

Tak lupa dia juga menjelaskan mengenai fenomena terjadinya Bulan Purnama Salju dalam narasi berikut ini: 

“Guys, buat kita semua siap-siap. Karna malam ini akan ada fenomena Bulan Purnama Salju. Tercatat, tiga hari dari Kamis hingga Minggu ini masyaraat Indonesia bisa menyaksikan Bulan Purnama Salju. Diprediksi bulan purnama ini akan terlihat penuh di antara pukul 18.30 atau jan setengah 7 malam waktu setempat dari arah timur-timur laut. Dinamakan Bulan Purnama Salju karena warnanya yang putih seperti salju jika dilihat dari permukaan bumi. Jadi buat kita semua jangan lupa stay tune malam ini,” ujarnya.

@carloshavio

jangan lupa stay tune malam ini???? | #CHInfo #bulan #GENITonResso #PopMiePANAS #KejarDiskonWIB #warga62 #indonesia #februari #2021 #dirumahaja

? Kiss The Rain - Piano Mood

Lantas apa itu Bulan Purnama Salju?

Fenomena astronomi

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Emanuel Sungging menjelaskan, Bulan Purnama Salju sebenarnya adalah fenomena bulan purnama biasa.

“Secara astronomi itu hanya penyebutan saja,” ujar Sungging saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Adapun mengenai penamaan Super Snow Moon atau Bulan Purnama Salju tersebut menurut Sungging berdasarkan tradisi yang ada di negara-negara barat.

"Tradisi di negara barat saja (disebut Super Snow Moon atau Bulan Purnama Salju), karena yang pasti kan, di negara kita tidak ada salju," jelasnya. 

Baca juga: Petang Ini Akan Terjadi New Supermoon, Apakah Sama dengan Supermoon?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X