Antisipasi Mutasi, Ilmuwan Mulai Uji Vaksin Covid-19 Generasi Kedua

Kompas.com - 23/02/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 ShutterstockIlustrasi Vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Para ilmuwan tengah mengembangkan uji coba vaksin Covid-19 generasi kedua, untuk memperluas perlindungan terhadap varian dan mutasi virus Covid-19.

Dikutip dari The Guardian (21/2/2021), kandidat vaksin yang dikembangkan termasuk satu versi yang dapat memberikan pertahanan kekebalan terhadap banyak varian virus yang berbeda.

Sementara itu, peneliti lainnya menyelidiki respons yang akan dihasilkan terhadap vaksin dengan tujuan mencegah penularan penyakit.

Baca juga: Survei Sebut 41 Persen Masyarakat Tidak Bersedia Divaksin, Ini Saran Sosiolog

Penelitian varian baru Covid-19

Para ilmuwan juga meneliti tentang pembuatan beberapa vaksin yang masing-masing dapat mengatasi jenis mutasi virus Covid-19.

Melansir Republic World, vaksin Covid-19 sejauh ini telah dirancang untuk menghentikan orang yang terpapar virus menjadi sakit parah.

Kendati begitu, masih belum pasti seberapa efektif vaksin memblokir virus yang dapat menular.

"Tidak ada indikasi salah satu varian virus baru yang muncul baru-baru ini menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada virus aslinya," kata ahli virus di Universitas Nottingham Profesor Jonathan Ball seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (21/2/2021).

"Namun, ada bukti beberapa dari varian baru kemungkinan lebih baik dalam menginfeksi. Karena itu, (virus) menyebar pada populasi yang memiliki kekebalan parsial setelah infeksi alami atau vaksinasi," lanjut dia.

Salah satu solusinya, vaksin yang tidak hanya menargetkan protein lonjakan di permukaan virus tapi bagian lain dari virus, yang disebut protein N, seperti yang dikembangkan para peneliti termasuk Ball.

Baca juga: WHO Jelaskan soal Efek Samping Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X