Kompas.com - 20/02/2021, 15:20 WIB
Banjir yang menggenang Cipinang Melayu di Jakarta Timur belum surut, Jumat (19/2/2021) siang. KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADBanjir yang menggenang Cipinang Melayu di Jakarta Timur belum surut, Jumat (19/2/2021) siang.

KOMPAS.com- Banjir kembali terjadi di sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Sabtu (20/2/2021), akibat hujan deras yang mengguyur sejak dini hari.

Mengantisipasi adanya arus pendek, Perusahan Listrik Negara (PLN) pun memadamkan listrik di sejumlah titik sebagai langkah pengamanan.

"Terdapat kondisi yang menyebabkan listrik dinonaktifkan demi keselamatan yaitu apabila rumah warga terendam, jaringan listrik PLN terendam, dan keduanya terendam," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, melalui rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu pagi.

Baca juga: 7 Gardu Terdampak Banjir, Listrik 2.667 Pelanggan PLN di Jaktim dan Bekasi Dipadamkan

Di tengah kondis banjir Jakarta, sebuah unggahan video di Twitter menunjukkan 4-5 warga yang berpegangan pada tiang listrik saat terjadi banjir.

Video yang diunggah @IndiVdu_Merdeka ini menyebut kejadian ada di Jl Kampung Sawah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Video ini memunculkan pertanyaan dari warganet mengenai keamanan memegang tiang listrik dalam kondisi banjir. Seperti yang ditanyakan oleh akun @bawazirs_.

Penjelasan PLN

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT PLN (PERSERO) UP2D JAKARTA (@plnapdjakarta)

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Dita Artsana mengatakan, memegang tiang istrik saat terjadi banjir bisa berbahaya.

"Tidak boleh (memegang tiang listrik) karena air penghantar listrik," ujar Dita, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/2/2021).

Dikutip dari Kompas.com (1/1/2020) PLN memberikan sejumlah imbauan untuk menghindari sengatan listrik di musim penghujan terutama saat banjir.

Baca juga: Perumahan Bumi Nasio Indah Bekasi Terendam Banjir Setinggi 2,5 Meter, Warga Memilih Tinggal di Rumah

Tip menghindari sengatan listrik saat banjir

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X