Chappy Hakim
KSAU 2002-2005

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

Kisah UFO di Kebayoran Baru hingga New Mexico, Fakta atau Fiksi?

Kompas.com - 20/02/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi UFO (Unidentified Flying Object), wahana mahluk luar angkasa (alien). SHUTTERSTOCK/ktsdesignIlustrasi UFO (Unidentified Flying Object), wahana mahluk luar angkasa (alien).

Setelah beberapa lama menghilang dari permukaan, cerita-cerita tentang UFO (Unidentified Flying Object) dan aliens, mahluk dari angkasa luar, belakangan kembali muncul menjadi pembicaraan hangat.

Di Indonesia, setidaknya ada dua kisah yang menceritakan tentang kedatangan aliens yang agak menghebohkan yaitu di Bagan Siapi-api dan di Kepulauan Alor.

Diceritakan, pada 6 November 1957 di kawasan Bagan Siapi-api telah muncul UFO. Ketika itu secara tiba tiba saja permukaan air membuih disertai asap dan gelombang air berputar muncul kepermukaan.

Bersamaan dengan itu lampu-lampu dan mesin kapal laut di sekitarnya tiba tiba saja mati.

Berita ini konon tercantum dengan rapih dan lengkap dalam “Air Intelligence Report” yang dibuat oleh Atase Angkatan Udara Amerika Serikat.

Sementara itu di kepulauan Alor pada Juli 1959 diceritakan tentang mendaratnya beberapa aliens yang turun dari sebuah pesawat aneh (UFO).

Sosok dengan tinggi badan sekitar 180 cm itu tampak sebagai berkulit merah dan mengenakan pakaian berwarna biru.

Di tengah kepanikan beberapa penduduk setempat berusaha mengejar mahluk asing tersebut. Mereka juga melaporkan kejadian ini pada polisi.

Konon diberitakan, polisi menembaki mahluk asing ini yang kemudian lari dan lenyap begitu saja. Jejak mereka tidak ditemukan sama sekali.

Salah satu polisi yang bertugas ketika itu sempat melapor kepada Ketua LAPAN Marsda J. Salatun dikediamannya di Jalan Pekalongan Jakarta, seperti dituturkanAdi Sadewo Salatun, putra Marsda J Salatun.

UFO di Kebayoran Baru

Selain dari dua kisah tadi, Guntur Soekarno Putra dalam salah satu bukunya menceritakan pula tentang kedatangan UFO sekitar 1980-an di kediaman Ibu Fatmawati di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gerakan pesawat UFO yang melesat cepat sempat diikuti sampai di sekitar Gelora Bung Karno Senayan untuk kemudian melesat lenyap ke udara.

Marsda J. Salatun sempat pula dilapori dan kemudian mendatangi lokasi di Jalan Sriwijaya untuk melihat bekas dan jejak yang ditinggalkan UFO di kediaman Jalan Sriwijaya.

Ada pula fenomena crop circle yang menghebohkan beberapa waktu lalu di Sleman dan Klaten yang diduga dibuat oleh UFO.

Walau belum ada analisis yang cukup mendalam dan meyakinkan tentang hal ini akan tetapi orang menghubungkannya dengan banyak crop circle di bagian dunia lainnya seperti di padang gandum pada beberapa lokasi di Inggris dan Swiss.

Erich Anton Paul von Daniken

Von Daniken seorang berkebangsaan Swiss, salah satu pendiri pusat asosiasi penelitian arkeologi dan astronotika menulis beberapa buku yang berhubungan dengan UFO. Salah satu bukunya terbit pada 1960-an yang terkenal berjudul Chariots of the God.

Menurut Von Daniken, dahulu kala UFO pernah mendarat di bumi. Mahluk luar angkasa pernah berkembang biak di bumi dengan segala kemampuan teknologi yang sangat tinggi dibanding dengan apa yang dimiliki mahluk bumi ketika itu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.