Kompas.com - 20/02/2021, 07:00 WIB
CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk businessinsider.comCEO Tesla & SpaceX, Elon Musk

KOMPAS.com - Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, memilih membangun pabrik mobil listriknya atau electric vehicle (EV) di India, ketimbang di Indonesia.

Mulanya, rencana pabrik di India ini tertahan karena kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan adanya komponen lokal sebesar 30 persen. Padahal, belum semua komponen dari mobil listrik yang dimiliki India.

Akan tetapi, setelah mengatur kesepakatan dengan pemerintah setempat selama enam bulan terakhir, Tesla akhirnya jadi membangun pabrik di sana.

Anak perusahaan Tesla di India telah dibentuk yakni, Tesla Motors India and Energy Private Limited di Bangalore pada Januari 2021 lalu.

Melansir Kompas.com, Kamis (18/2/2021), meski tak tertarik membangun pabrik, ternyata Tesla tertarik ke bidang Energi Storage System (ESS) di Indonesia.

"Dengan Tesla, kita sedang dalam tahap negosiasi. Tesla baru belakangan masuk. Kita lagi pelajari akan masuk ke mana. Dari pembicaraan kemarin, mereka ingin masuk ke Energy Storage System (ESS) di Indonesia," kata Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik, Agus Tjahjana Wirakusuma.

Pemerintah sendiri telah memiliki target untuk produksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"Pemerintah telah menargetkan produksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai 400 ribu unit roda empat dan 1,76 juta roda dua," kata Dirjen Industri Logam Mesin, Alat, Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, dilansir dari Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Lalu, sudah seberapa siapkah Indonesia dengan mobil listrik? Apa kendalanya?

Baca juga: Tesla Pilih Bangun Pabrik Mobil Listrik di India, Pemerintah Diminta Lakukan ini

Tim Ahli dan Dosen Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) Dewanti mengatakan, penerapan transportasi listrik di Indonesia dinilai masih tersandung beberapa kendala.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X