Kompas.com - 19/02/2021, 14:50 WIB
Banjir merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem Banjir merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Peringatan cuaca ekstrem dari BMKG telah beberapa kali keluar untuk sejumlah wilayah sejak Januari 2021.

Terbaru, BMKG juga mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem pada 17-21 februari 2021.

Sampai kapan Indonesia harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem?

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuara BMKG, Miming Saepudin mengatakan, kewaspadaan cuaca ekstrem perlu diwaspadai setidaknya hingga Maret 2021.

"Kewaspadaan untuk potensi cuaca ekstrem paling tidak harus diwaspadai hingga pertengahan Maret mendatang," kata Miming, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Potensi Banjir, Tiga Wilayah di Pulau Jawa Ini Berstatus Siaga Hujan Lebat

Wilayah siaga banjir dan banjir bandang

Dampak dari adanya cuaca ektrem ini salah satunya potensi banjir atau banjir bandang di sejumlah wilayah.

BMKG telah mengeluarkan daftar wilayah yang perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan lebat yang bisa menimbulkan banjir atau banjir bandang.

Untuk melihat wilayah mana saja yang berstatus siaga banjir, Miming mengatakan,  masyarakat dapat melihatnya melalui link ini.

Berdasarkan pantauan Kompas.com dari link tersebut, daftar wilayah berstatus siaga banjir pada 19 Februari-20 Februari 2021 yakni:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X