Kompas.com - 19/02/2021, 07:56 WIB
Foto pertama Mars yang dirilis dari misi luar angkasa UEA, di mana gambar tersebut diambil dengan jarak 25.000 km di atas permukaan tanah Mars. [@HHShkMohd/Twitter] @HHShkMohd/TwitterFoto pertama Mars yang dirilis dari misi luar angkasa UEA, di mana gambar tersebut diambil dengan jarak 25.000 km di atas permukaan tanah Mars. [@HHShkMohd/Twitter]

KOMPAS.com - Setelah 7 bulan di luar angkasa, penjelajah Perseverance NASA sukses mendarat dengan mulus di permukaan Mars pada Kamis (18/2/2021).

Nantinya, mereka akan memulai misinya untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba kuno.

"Touchdown dikonfirmasi," kata pemimpin operasi Swati Mohan sekitar pukul 15.55 di NASA's Jet Propulsion Laboratory, dikutip dari AFP, Jumat (19/2/2021).

Prosedur pendaratan yang dipandu secara otonom selesai lebih dari 11 menit, waktu yang diperlukan sinyal radio untuk ke Bumi.

Selama beberapa tahun, penjelajah akan mengumpulkan 30 sampel batuan dan tanah yang akan dikirim kembali ke Bumi sekitar tahun 2030-an untuk analisis laboratorium.

Pesawat penjelajah itu berukuran SUV, dengan berat satu ton dan dilengkapi dengan lengan robotik sepanjang dua meter.

Selain itu, pesawat tersebut memiliki dua mikrofon dan seperangkat instrumen mutakhir untuk membantu tujuan ilmiahnya.

Baca juga: NASA Berencana Terbangkan Helikopter di Mars untuk Pertama Kalinya

Sebelum memulai pencarian, para penjelajah harus mengatasi "teror tujuh menit", yaitu prosedur pendaratan berisiko yang telah merusak hampir 50 persen dari semua misi ke planet ini.

Tak lama setelahnya, pesawat ruang angkasa Mars 2020 meluncur ke atmosfer Mars dengan kecepatan 12.500 mil (20.000 kilometer) per jam dan dilindungi oleh pelindung panasnya.

Ia kemudian mengerahkan parasut supersonik seukuran lapangan, sebelum menembakkan jetpack bermesin delapan untuk memperlambat penurunannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X