Peneliti Jepang Menemukan Stem Cell untuk Atasi Kebotakan

Kompas.com - 17/02/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi kebotakan SHUTTERSTOCK/docentIlustrasi kebotakan

KOMPAS.com - Peneliti Jepang berhasil mengidentifikasi stem cell yang berperan penting dalam proses terapi penumbuhan rambut untuk mengatasi kebotakan.

Melansir Japan Times, Minggu (14/2/2021) hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Scientific Reports.

Studi tersebut dilakukan oleh Takashi Tsuji dan rekan-rekannya dari institut penelitian Riken, yang terafiliasi dengan Pemerintah Jepang.

 

Baca juga: Kenapa Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlambat?

Regenerasi rambut

Melalui proses in vitro, Tsuji dan rekan-rekannya, menemukan bahwa stem cell positif untuk antibodi CD34 dan integrin alfa 6 dan beta 5, memainkan peran penting dalam regenerasi rambut berkelanjutan.

Tidak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa glikoprotein yang disebut tenascin, juga berperan penting dalam hal yang sama.

“Kehilangan rambut atau gigi tidak mengancam nyawa, tapi berdampak buruk pada kualitas hidup. Saya berharap dapat segera memulai studi klinis," kata Tsuji.

Dalam studi klinis yang diharapkan dapat menyembuhkan kebotakan pada laki-laki itu, Tsuji dan timnya berencana untuk membiakkan folikel rambut, yang diambil dari mereka yang mengalami kondisi tersebut. 

Setelah itu, mereka akan menanamkan kembali sel-sel yang telah dibiakkan di kepala pasien.

Baca juga: Cara Sederhana Atasi Masalah Rambut Rontok dan Ketombe

Terapi stem cell untuk atasi kebotakan

Melansir Healthline, 4 Januari 2019, transplantasi rambut menggunakan stem cell berhasil dilakukan oleh para peneliti Italia pada tahun 2017.

Meskipun prosedur terapi itu bervariasi, namun pada intinya terapi stem cell didasarkan pada penumbuhan folikel rambut baru di laboratorium menggunakan sampel kulit kecil dari pasien.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X