Cerita di Balik Warga Desa di Tuban yang Ramai-ramai Beli Mobil Baru, Dapat Uang dari Mana?

Kompas.com - 17/02/2021, 10:05 WIB
Tangkapan layar video yang menampilkan kedatangan sejumlah mobil baru yang dibeli warga desa di Tuban, Jawa Timur. FACEBOOKTangkapan layar video yang menampilkan kedatangan sejumlah mobil baru yang dibeli warga desa di Tuban, Jawa Timur.

KOMPAS.com - Rekaman video yang menampilkan datangnya belasan mobil baru di salah satu desa di Tuban, Jawa Timur viral di media sosial.

Adapun video tersebut ramai diunggah di media sosial Facebook hingga TikTok.

Dalam video itu, ada 17 mobil baru yang diangkut menggunakan truk towing tiba di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa (Kades) Sumurgeneng, Gihanto membenarkan hal tersebut.

Dia menuturkan, warga membeli mobil baru dengan uang yang berasal dari pembayaran ganti rugi lahan untuk proyek pembangunan Kilang Tuban atau New Grass Root Refinery (NGRR) di wilayah Kecamatan Jenu.

"Mereka membelinya dengan uang hasil penjualan atau ganti rugi tanah miliknya sendiri dari Pertamina dengan harga Rp 600.000-800.000 per meter," ujar Gihanto kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (16/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Viral, Video Pembongkaran Chip KTP Elektronik yang Disebutkan Dapat Melacak Seseorang, Ini Penjelasan Dukcapil

Dikatakan Gihanto, awalnya para warga bersikeras menolak menjual tanahnya.

Bahkan, warga masyarakat juga sempat melakukan aksi demo.

"Dulu warga sempat menolak tanahnya dijual, sampai sekarang akhirnya bisa menerima, itu ceritanya panjang memang. Dulu sempat ada demo-demo juga," ungkap Gihanto.

"Tanggapan saya ya alhamdulillah, terkait pembelian mobil-mobil itu berarti dia kan mensyukuri yang dulunya menolak, sekarang sudah menikmati," imbuhnya.

Baca juga: Viral, Cerita Pria di Jawa Timur yang Depan Rumahnya Selalu Dipenuhi Parkir Mobil yang Tak Dikenal

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.