Simak, Ini Bahayanya jika Terlalu Sering Menahan Kencing!

Kompas.com - 17/02/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda saat sedang bekerja, dalam perjalanan atau karena aktivitas tertentu berusaha menahan kencing atau buang air kecil?

Meskipun bukan termasuk kondisi yang langsung mengancam jiwa, kebiasaan menahan kencing ternyata bisa berdampak pada kesehatan. 

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Airlangga Jombang dr Rizal Fitni, SpOG mengatakan, tindakan menahan kencing dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kencing.

"Jika sering menahan buang air kecil (BAK) enggak baik, meningkatkan risiko infeksi saluran kencing," ujar Rizal saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: 6 Bahaya Menahan Kencing yang Perlu Diwaspadai

Batu ginjal

Selain itu, ada juga potensi penyakit lain yang muncul ketika seseorang menahan kencing, antara lain inkontinesia urine, pembengkakan kandung kemih, nyeri punggung, dan risiko batu ginjal.

Rizal menjelaskan, inkontinensia urine adalah kondisi ketika seseorang sulit menahan buang air kecil, sehingga jadi mengompol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya, seseorang menjadi kesulitan untuk mengontrol kandung kemih.

"Menahan kencing terlalu sering juga dapat menyebabkan otot kandung kemih melemah. Bagaimana tidak? Pada saat Anda berusaha untuk tidak buang air kecil, otot di kandung kemih akan mengencang," ujar Rizal.

Menurutnya, jika dilakukan terus-menerus dan menjadi kebiasaan, maka kekuatan otot kandung kemih mengendur dan tidak seelastis sebelumnya.

Efek negatifnya kandung kemih pun melemah dan orang tersebut berisiko mengalami inkontinensia urine atau sering mengalami kebocoran urine.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.