Kompas.com - 15/02/2021, 17:07 WIB
Ilustrasi kurang tidur stevanovicigorIlustrasi kurang tidur

KOMPAS.com - Kebiasaan-kebiasaan seperti jarang minum air putih, jarang berolahraga, telat makan, dan selalu begadang mungkin terdengar sepele. 

Akan tetapi, di balik kebiasaan tersebut terkandung risiko kesehatan yang besar.

Bahkan, bisa mengakibatkan kematian jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan.

Seperti yang saat ini ramai di media sosial Twitter, satu cuitan dari akun @afrkml yang mengungkapkan kebiasaaan sepele tetapi bisa berakibat fatal, bahkan kematian mendadak.

Twit tersebut sudah disukai lebih dari 61,4 ribu kali dan lebih dari 29 ribu balasan.

Di dalamnya terdapat balasan dari pengguna lain yang menceritakan pengalaman mereka akan dampak dari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Bagaimana ulasannya secara medis?

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Ari Fahrial Syam, mengatakan, tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup, asupan air ideal, dan suplai makanan atau nutrisi tepat waktu.

Kebiasaan-kebiasaan seperti jarang minum, telat makan dan selalu begadang tersebut mestinya dapat segera ditinggalkan, agar tidak berdampak kepada kesehatan tubuh.

Jika tidak, kebiasaan-kebiasaan itu bisa membawa akibat yang serius, bahkan sampai kematian di usia muda, jika konsisten dilakukan dari usia muda.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X