Aiman Witjaksono
Host & Produser Eksekutif Program AIMAN KompasTV

Host & Produser Eksekutif Program AIMAN | AIMAN setiap senin, Pukul 20.00 WIB di KompasTV

Heboh Vaksin Salah Alamat pada Para "Penjaga Apotek"

Kompas.com - 15/02/2021, 07:00 WIB
Tangkapan layar akun instagram @helenalim899 bahwa ia menerima vaksin Covid-19, Senin (8/2/2021). Instagram.com/@helenalim899Tangkapan layar akun instagram @helenalim899 bahwa ia menerima vaksin Covid-19, Senin (8/2/2021).

SEBUAH unggahan di Instagram terkait pemberian vaksin pada seorang perempuan viral dan berujung pada penyelidikan. Benarkah ada dugaan pemalsuan?

Aiman turun langsung ke lapangan. Saksikan tayangannya dalam program AIMAN, Senin, (15/2/2021), pukul 20.00 di Kompas TV.

Awalnya adalah unggahan akun @helenalim899 soal vaksin. Helena bersama empat orang diduga menerima suntikan vaksin Covid-19 di Puskesma Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Lagi ngantri vaksin...nanti kalau sudah vaksin kita bisa jalan-jalan," begitu potongan Insta Story di akun tersebut.

Program AIMAN mencoba untuk menemui pemilik akun tersebut. Menghubungi lewat berbagai cara, termasuk lewat media sosialnya. Tapi apa daya, tak berbalas respons.

Aiman tergerak mencari tahu

Beberapa saat setelah akun tersebut viral, ada aparatur Kementerian Kesehatan yang memberi informasi kepada wartawan bahwa Kementerian Kesehatan melihat ada yang janggal dengan vaksin yang bersangkutan.

Program AIMAN tergerak untuk mencari, menelisik, dan menginvestigasinya. Ada apa gerangan?

Aiman mendatangi Puskesmas Kebon Jeruk, Jakarta Barat, untuk mengetahui proses verifikasi vaksin tahap pertama yang diajukan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Sulit untuk masuk ke dalam Puskesmas Kebon Jeruk. Saya menemui pejabatnya, namun menolak untuk diwawancara. Jadi kami hanya ngobrol, tanpa direkam.

Kongkalingkong Puskesmas atau pemalsuan surat?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.