Black-footed Cat, Kucing Kecil yang Lebih Mematikan daripada Singa

Kompas.com - 13/02/2021, 19:02 WIB
Black-footed Cat. Black-footed Cat.

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, kucing merupakan hewan yang menggemaskan dan lucu. Tak heran, mereka menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan.

Namun, Anda mungkin berpikir ulang setelah mengetahui black-footed cat atau kucing berkaki hitam ini.

Black-footed cat merupakan kucing terkecil di Afrika dan lebih mematikan dibandingkan singa, macan tutul, atau harimau.

Berasal dari Afrika Selatan, dikutip dari Live Science 1 November 2018, black-footed memiliki wajah menawan, bertubuh cokelat muda, dan berbintik-bintik hitam.

Menurut data International Society for Endangered Cats (ISEC), ukurannya lebih kecil dari kucing rumahan, yaitu dengan panjang 36-52 sentimeter dan tinggi 20 sentimeter.

Angka itu memang tidak terdengar mengesankan jika dibandingkan dengan kucing besar yang masuk dalam predator paling menakutkan di dunia.

Akan tetapi, kemampuannya dalam berburu dan menjatuhkan mangsa dalam satu malam lebih baik daripada macan tutul dalam enam bulan.

Baca juga: Mengenal Rusty-spotted Cat, Kucing Terkecil di Dunia 

Teknik memangsa

Kucing tersebut menggunakan tiga teknik yang sangat berbeda untuk menangkap mangsanya.

Salah satunya, menggunakan pendekatan duduk dan menunggu di dekat hewan pengerat, bahkan hingga 2 jam tanpa bergerak sedikit pun.

Dalam satu malam, seekor kucing berkaki hitam ini bisa membunuh antara 10 dan 14 hewan pengerat atau burung kecil dengan rata-rata membunuh setiap 50 menit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X