Kompas.com - 13/02/2021, 08:37 WIB

KOMPAS.com - Perayaan Hari Valentine biasanya dijadikan momentum bagi sebagian orang untuk mengungkapkan kasih sayang.

Peringatan Hari Kasih Sayang atau valentine biasanya dilakukan setiap 14 Februari.

Tak hanya berbagi coklat, ada beragam bentuk tradisi Valentine di sejumlah negara. Berikut penjelasannya, dikutip dari Huffpost, 8 Februari 2016:

1. Denmark

Ilustrasi cokelat valentine. Dok. Shutterstock Ilustrasi cokelat valentine.
Meski Hari Valentine adalah hari libur yang relatif baru di Denmark (dimulai sejak 1990-an), negara itu telah merayakan 14 Februari dengan tradisi khas mereka.

Alih-alih bunga, bertukar "kartu kekasih" menjadi tradisi Hari Valentine yang populer di Denmark. Kartu itu berbentuk transparan yang menunjukkan gambar pemberi kartu sedang memberikan hadiah kepada kekasihnya.

Pria juga biasanya memberi wanita gaekkebrev, sebuah surat berisi dari puisi atau sajak lucu yang ditulis di atas kertas yang dipotong rumit dan ditandatangani dengan titik-titik anonim.

Jika wanita penerima gaekkebrev dapat menebak pengirimnya dengan benar, ia mendapatkan sendiri telur Paskah di akhir tahun itu.

Baca juga: Kisah Penumpang Diamond Princess, Rayakan Valentine di Kapal Berisi Virus Corona

2. Korea Selatan

Ilustrasi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh.PEXELS/VJAPRATAMA Ilustrasi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh.
Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan. Variasi hari libur dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April.

Pemberian hadiah dimulai pada 14 Februari, ketika wanita dibebaskan untuk memberikan coklat, permen, dan bunga kepada pasangannya.

Sementara, pada 14 Maret, hari libur yang dikenal sebagai Hari Putih, ketika pria tidak hanya memberikan cokelat dan bunga, tetapi juga hadiah kepada kekasihnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.