Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Blokir Siaran BBC karena Terbitkan Laporan Penganiayaan Uighur

Kompas.com - 12/02/2021, 20:26 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah China melarang siaran BBC World News di wilayahnya pada Jumat (12/2/2021) tengah malam, waktu setempat.

Hal tersebut disampaikan Lembaga pengatur penyiaran China, Badan Radio dan Televisi Nasional China yang mengatakan liputan BBC World News telah pedoman penyiaran China secara serius.

Langkah itu diambil setelah BBC menurunkan laporan liputan tentang perlakuan otoritas terhadap warga minoritas Uighur di Xinjiang, China bagian barat.

"Karena saluran tersebut gagal memenuhi persyaratan untuk disiarkan di China sebagai saluran luar negeri, BBC World News tidak diizinkan untuk melanjutkan layanannya di dalam wilayah China," tulis pernyataan tersebut, melansir BBC, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: China Blokir BBC karena Tayangkan Penyiksaan Uighur di Xinjiang

Kasus CGTN

Dilansir dari The Guardian, tindakan China ini dinilai merupakan tindakan balasan atas keputusan pengawas komunikasi Inggris Ofcom, yang mencabut izin siaran China Global Television Network (CGTN).

CGTN merupakan saluran berita satelit milik China yang menjadi pusat operasi siaran China di Eropa, tepatnya di London barat.

Ofcom mencabut izin penyiaran CGTN, yang diputuskan pada awal Februari setelah mengetahui bahwa lisensi CGTN dipegang secara tidak sah oleh Star China Media Ltd.

Sebelumnya, CTGN menyiarkan paksa warga negara Inggris Peter Humphrey. Ofcom mendugaan pengakuan tersebut merupakan paksaan, dan menilai liputan tentang gerakan demokrasi Hong Kong merupakan bias.

Saat keputusan Ofcom dikeluarkan, juru bicara kementerian luar negeri China menuduh pengawas bertindak atas dasar alasan politik berdasarkan bias ideologis.

Juru bicara tersebut juga memperingatkan bahwa China berhak untuk menanggapi untuk melindungi hak dan kepentingan media China.

Baca juga: 6 Drama China yang Bisa Jadi Tontonan Menarik pada Hari Libur Imlek

Menanggapi pencabutan izin BBC, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, memberi tanggapan melalui akun Twitternya @DominicRaab.

"Keputusan China untuk melarang BBC World News di China daratan merupakan pembatasan kebebasan media yang tidak dapat diterima. China memiliki beberapa pembatasan terberat atas kebebasan media & internet di seluruh dunia, & langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi China di mata dunia," tulisnya.

Berita Uighur

Pada Februari, BBC menerbitkan laporan dari hasil wawancara dengan perempuan-perempuan Uighur di China.

Laporan itu menyebutkan bahwa mereka telah diperkosa, dilecehkan, dan disiksa di kamp-kamp "pendidikan ulang" China di Xinjiang.

Uighur merupakan kelompok minoritas di China. BBC memperkirakan lebih dari satu juta orang Uighur dan minoritas etnis muslim lainnya telah ditahan di kamp-kamp, di China. Mereka mendapat diskriminasi hak, seperti kerja paksa dan pengaiayaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com