Hasil Penyelidikan WHO soal Asal-Usul Virus Corona, Bukan dari Wuhan atau Kebocoran Lab

Kompas.com - 10/02/2021, 15:32 WIB
Warga melintas di pajangan yang menampilkan foto para pejuang medis melawan virus corona termasuk whistleblower Dr Li Wenliang (dua dari kanan), di Wuhan, China, pada Sabtu (23/1/2021). AP PHOTO/NG HAN GUANWarga melintas di pajangan yang menampilkan foto para pejuang medis melawan virus corona termasuk whistleblower Dr Li Wenliang (dua dari kanan), di Wuhan, China, pada Sabtu (23/1/2021).

KOMPAS.com - Tim penyelidik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan temuan mereka soal asal-usul Covid-19 di Wuhan pada Selasa (9/2/2021).

Hal itu disampaikan melalui jumpa pers yang disiarkan secara live, dari Wuhan, China, dan ditayangkan pula melalui Twitter @WHO.

Tim WHO tiba di Wuhan pada 14 Januari 2021. Setelah dua pekan karantina, mereka mengunjungi tempat-tempat yang diduga sebagai sumber virus pertama.

Apa saja yang mereka temukan dalam penyelidikan tersebut? Berikut hasilnya!

Baca juga: Tim WHO Kunjungi Pasar Wuhan, Tempat Infeksi Covid-19 Pertama Terdeteksi

Bukan dari kebocoran laboratorium

Kepala Tim WHO Peter Ben Embarek mengatakan, sangat tidak mungkin virus corona menyebar karena ada kebocoran dari laboratorium di Kota Wuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir BBC, setelah mengunjungi Institut Virologi Wuhan, mereka menyangkal bahwa teori kontroversial bahwa virus corona berasal dari kebocoran laboratorium atau dibuat oleh para ilmuwan.

Penyelidikan juga dilakukan di pasar basah di Huanan yang menjual ikan, daging, dan hewan liar.

Tim WHO menyebutkan, virus itu mungkin telah berpindah dari hewan ke manusia, tetapi mereka belum memiliki buktinya.

Wanita kelelawar

Sejumlah tim berisi pakar internasional yang diutus Badan Kesehatan Dunia (WHO) meninggalkan pusat karantina di Wuhan, China, pada Kamis, 28 Januari 2021. Mereka akan segera menggelar penyelidikan untuk mengungkap asal usul Covid-19.AFP PHOTO/HECTOR RETAMAL Sejumlah tim berisi pakar internasional yang diutus Badan Kesehatan Dunia (WHO) meninggalkan pusat karantina di Wuhan, China, pada Kamis, 28 Januari 2021. Mereka akan segera menggelar penyelidikan untuk mengungkap asal usul Covid-19.
Tim WHO juga mengunjungi laboratorium penelitian virus di pusat Kota Wuhan dan bertemu dengan ahli virus terkemuka di sana untuk mencari petunjuk asal-usul virus corona yang menyebabkan pandemi di seluruh dunia.

Dilansir dari New York Times, salah satu yang mereka temui adalah Shi Zhengli, yang dikenal sebagai "Wanita Kelelawar" China karena studinya tentang virus corona yang ditemukan pada kelelawar.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.