Berubah Mulai Besok, Ini Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 09/02/2021, 19:32 WIB
Salah satu rangkaian kereta bandara yang melintas di Stasiun BNI City, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2020). Stasiun yang juga biasa disebut Stasiun Sudirman Baru ini adalah salah satu stasiun yang melayani pemberhentian dan keberangkatan Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Kompas.com/Alsadad RudiSalah satu rangkaian kereta bandara yang melintas di Stasiun BNI City, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2020). Stasiun yang juga biasa disebut Stasiun Sudirman Baru ini adalah salah satu stasiun yang melayani pemberhentian dan keberangkatan Kereta Bandara Soekarno-Hatta.

KOMPAS.com - PT Railink akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 mulai Rabu (10/2/2021) besok.

Gapeka 2021 ini akan memengaruhi perubahan jadwal keberangkatan dan akhir KAI Bandara.

Pemberlakuan Gapeka 2021 ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

Adapun keberangkatan KAI Bandara Soekarno-Hatta akan berangkat lebih awal dibandingkan jadwal sebelumnya, yaitu pukul 05.37 WIB dari Stasiun Manggarai.

Sementara itu, perjalanan KA Bandara akan berakhir pukul 18.49 WIB dari Stasiun Soekarno-Hatta.

"Sedangkan untuk jumlah perjalanan masih tetap sama yaitu 40 perjalanan pergi-pulang,” kata Plt. Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari kepada Kompas.com, Selasa (9/2/2021) sore.

Baca juga: PSBB Jakarta, Tak Ada Pengurangan Jumlah Operasional Kereta Bandara Soetta

Mukti menyebutkan, untuk persyaratan menggunakan kereta api bandara tidak perlu menggunakan surat rapid test.

Meski demikian, calon penumpang diimbau selalu menerapkan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan.

"(Penumpang juga harus) menjaga jarak minimal satu meter atau mengikuti tanda atau marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas, melakukan pengecekan suhu, rutin cuci tangan, buang sampah pada tempatnya dan hindari menyentuh wajah," kata Mukti.

Selain itu, calon penumpang diimbau mengurangi kontak fisik, antrian dan waktu tunggu di masa pandemi.

Jadwal terbaru KA Bandara Soekarno-Hatta bisa dilihat pada foto berikut ini, yang dirilis akun Twitter PT KAI:

Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta yang berlaku mulai 10 Februari 2021.PT KAI Jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta yang berlaku mulai 10 Februari 2021.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X