Ada 171 Juta Orang Pengguna Internet di Indonesia, Waspadai Maraknya Kejahatan Siber

Kompas.com - 09/02/2021, 15:02 WIB
Hari Internet yang Lebih Aman saferinternetday.orgHari Internet yang Lebih Aman

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (9/2/2021) diperingati sebagai Safer Internet Day (SID) atau Hari Internet yang lebih aman. Perayaan tahunan ini telah mendapat perhatian dari 170 negara di berbagai belahan dunia.

Setiap Februari sejak tahun 2004, SID mengampanyekan perlunya internet yang lebih aman, dan mengajak masyarakat untuk menaruh perhatian lebih terhadap aktivitas daring mereka.

Kampanye ini merupakan inisiatif Insafe/INHOPE dari European Safer Internet Centres (SICs) yang didukung oleh Komisi Eropa.

Baca juga: Gara-gara WhatsApp, Telegram Melejit Jadi Aplikasi Terpopuler

Internet lebih baik bagi semua lapisan

SID adalah perayaan global yang bertujuan mengajak semua pemangku kepentingan untuk berefleksi, tentang bagaimana teknologi digital dapat digunakan secara bertanggung jawab, kritis, dan kreatif, dengan tujuan akhir untuk mengembangkan internet yang lebih baik bagi semua lapisan masyarakat.

"Pada Hari Internet yang Lebih Aman, Selasa, 9 Februari 2021, bersama jutaan orang di seluruh dunia, kita menyuarakan 'Bersama untuk internet yang lebih baik'," tulis pernyataan di laman SID.

Pentingnya internet aman

Pemerhati keamanan siber sekaligus staf Engagement and Learning Specialist di Engage Media, Yerry Niko Borang mengatakan, masyarakat perlu mengedukasi diri terkait perkembangan teknologi.

Baca juga: 3 Hal yang Jadi Kekhawatiran Orangtua di Indonesia, Saat Anak Main Internet

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Statista
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X