Video Viral Crazy Rich PIK Helena Lim Suntik Vaksin Covid-19, Siapa Saja yang Termasuk Nakes?

Kompas.com - 09/02/2021, 14:40 WIB
Tangkapan layar akun instagram @helenalim899 bahwa ia menerima vaksin Covid-19, Senin (8/2/2021). Instagram.com/@helenalim899Tangkapan layar akun instagram @helenalim899 bahwa ia menerima vaksin Covid-19, Senin (8/2/2021).

KOMPAS.com - Perbincangan di media sosial dan pemberitaan ramai dengan unggahan Helena Lim, seorang crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK), yang sedang antre mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @helenalim899, ia menunjukkan kartu antrean sebelum disuntik vaksin.

Melalui video itu juga, diketahui bahwa tempat Helena mendapatkan vaksin adalah Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dengan nomor antrean 11.

"Lagi antre vaksin, semoga habis vaksin kita bisa kemana-mana,semoga vaksinnya berhasil," kata Helena dalam video yang beredar.

Video Helena mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 ramai karena banyak yang mempertanyakan apakah ia termasuk kategori tenaga kesehatan.

Seperti diketahui, pada tahap awal ini, vaksinasi Covid-19 diprioritaskan khusus untuk tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan.

Diberitakan Kompas.com, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathini menyebutkan, Helena menerima vaksin karena ia membawa keterangan bekerja di apotek sebagai penunjang.

Baca juga: Video Viral Sebuah Mobil Terseret Lahar Dingin Semeru, Ini Kronologinya

Menurut Kristy, apotek merupakan salah satu sarana kefarmasian yang masuk dalam prioritas pertama penerima vaksin Covid-19. Ia menyatakan, hingga saat ini, prioritas pertama penerima vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan dan penunjangnya.

Siapa saja yang masuk kategori tenaga kesahatan?

Dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan Pasal 11 ayat (1), disebutkan bahwa tenaga kesehatan dikelompokkan ke dalam beberapa bidang, yaitu:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X